Menag Tegur Pernyataan Wagub Jabar Terkait Poligami Cegah HIV/Aids

Widya Michella
Menag Yaqut Cholil Qoumas (foto: MPI)

JAKARTA,iNewsGarut.id – Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menegur pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang menyebut poligami dapat mencegah penularan virus HIV/AIDS. Menurutnya kedua hal ini tidak berkaitan.

"Ya nggaklah (tak terkait). Saya kira begini, kalau perspektif Islam, Islam yang mana? Mana perspektif Islam itu yang merujukkan pada penanggulangan HIV/AIDS itu melalui poligami? Nggak Ada," kata Yaqut di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Yaqut berharap pernyataan apa pun didasarkan dengan data dan riset. Meskipun itu adalah pandangan yang bersifat pribadi.

"Saya kira ini pendapat pribadi ya. Saya kira harus didasarkan pada riset. Kalau memang kita ngomong soal penyakit penyebaran penyakit, benar nggak HIV itu bisa ditanggulangi dengan poligami? Kan ini menurut saya aneh-aneh," ujar dia.

Menag lebih sepakat HIV/AIDS bisa ditekan dengan cara mengendalikan nafsu manusia.

"Jadi jangan sampai manusia ini, laki-laki terutama, jadi budak nafsu," kata Yaqut.

Sebelumnya, Uu menyebut poligami sebagai salah satu solusi menekan kasus HIV/AIDS. Menurutnya, dengan banyaknya ibu rumah tangga tertular HIV/AIDS, maka salah satu solusinya adalah berpoligami agar suami tidak 'jajan sembarangan'.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network