Mengenal Burung Kolibri Kelapa Endemik Garut Selatan

Indra
Burung Kolibri Kelapa jantan endemik singajaya. Foto/Indra.

GARUT, iNewsGarut.id – Kolibri Kelapa, merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Nectariniidae dan Genus Anthreptes, atau salah satu jenis burung kolibri yang dapat ditemui di Indonesia.

Burung yang memiliki nama latin Anthreptes malacensis atau Brown-throated Sunbird dalam bahasa inggris, juga disebut dengan sebutan burung madu kelapa atau kolibri manggar, yang habitatnya banyak ditemukan di Kabupaten Garut bagian selatan.

Putri Nanda Lestari, warga Desa Ciudian, Kecamatan Singajaya, merupakan seorang istri yang mengikuti hobi suaminya, ia mengatakan jenis burung Kolibri Kelapa dan lainnya diwilayah selatan masih banyak ditemukan di pekarangan rumah ataupun di kebun.

"Burung Kolibri Kelapa ini memang habitatnya sudah terbilang langka, namun di kawasan sini khususnya daerah Desa Ciudian dan Girimukti, masih banyak ditemukan. Bahkan sesekali di pagi hari suka hinggap di pekarangan warga untuk mencari makan ," katanya, Rabu (26/10/2022).

Kolibri Kelapa ini tergolong jenis burung berukuran kecil, dengan panjang tubuh sekitar 12,1 centimeter sampai 13,5 centimeter, dengan ciri fisik burung jantan dan betina dapat dibedakan.

"Kolibri jantan memiliki mahkota dan punggung hijau bersinar. Tunggir, penutup sayap, ekor ada setrip kumis ungu bersinar. Pipi, dagu, tenggorokan coklat tua buram. Tubuh bagian bawah kuning. Sedangkan pada Kolibri betina tubuh bagian atas hijau dan bagian bawah kuning muda. Iris merah, paruh hitam, kaki hitam abu-abu," paparnya.

Lanjut Putri menerangkan, saat berada di alam liar biasanya burung Kolibri Kelapa ini memakan nektar yang ada di bunga, buah pisang, pohon kelapa, serangga, ulat, dan buah-buahan yang memiliki tekstur lembut. Sedangkan ketika sudah dipelihara bisa diganti dengan pakan olahan sendiri atau dari kemasan dari toko burung.

"Untuk pakan olahan bisa menggunakan sirup marjan atau susu kental dicampur kuning telur, dan racikan kemasan yang dijual di toko burung" pungkasnya. 

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network