3 Hal yang Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasa, Seorang Muslim Wajib Tahu

Dindin Ahmad S
3 Hal yang Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasa, Seorang Muslim Wajib Tahu. Foto iNewsGarut.id/Dindin Ahmad S.

GARUT, iNewsGarut.id – 3 hal yang bisa mengurangi ibadah puasa di bulan Ramadan. Tentu ketiga hal tersebut perlu kita perhatikan ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dan sangat dimuliakan Allah SWT dengan dilimpahkannya banyak pahala. Namun, tanpa kita disadari, ternyata ada beberapa hal yang bisa mengurangi pahala puasa seorang muslim.

Berikut ini ada 3 hal yang harus dihindari sebagai seorang muslim karena dapat mengurangi pahala ibadah puasa. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pertama, tidur berlebihan

Tidurnya orang saat sedang berpuasa juga bernilai ibadah. Namun, itupun tergantung pada tujuan dan niat awal dari tidur tersebut. Pada hakikatnya, tujuan dari berpuasa sendiri yaitu untuk meningkatkan amal ibadah.

Di sisi lain, kebanyakan orang justru menghabiskan banyak waktu untuk tidur saat sedang berpuasa. Ternyata, orang yang tidur sepanjang hari saat melaksanakan puasa di bulan Ramadan akan mengurangi nilai pahalanya. Hal tersebut karena terlalu banyak tidur dapat mengurangi aktivitas ibadah seorang muslim.

Padahal, seharusnya setiap muslim menjadikan momen berpuasa ini untuk lebih produktif memperbanyak amal ibadah. Mulai dari meningkatkan salat sunah, membaca Al-Qur’an, perbanyak sedekah, salat berjamaah, dan beragam amal kebaikan lainnya.

Kedua, tidak menjaga lisan

Pada hakikatnya orang yang berpuasa tidak hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja. Selain itu, ketika berpuasa sebaiknya dijadikan pula sarana untuk mengontrol diri pribadi seorang muslim dari hal-hal yang dapat mengurangi pahala hingga membatalkan puasa.

Orang yang berpuasa hendaknya menjaga tingkah laku dari berbagai hal yang dapat mendatangkan dosa. Salah satunya yaitu menjaga lisan dari perkataan kotor, kasar, atau yang dapat melukai hati seseorang. Meski tak sampai membatalkan ibadah puasa, namun ketika lisan kita tidak dijaga selama berpuasa, hal tersebut bisa mengurangi nilai pahala ibadah puasa.

Ketiga, mengeluh lapar dan haus

Menahan rasa haus dan lapar merupakan salah satu ujian seorang muslim ketika menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut sebagai bentuk pelajaran bagi seorang muslim agar tidak mengeluh terhadap kondisi apapun termasuk menahan haus dan lapar.

Walau dibilang sepele, ternyata mengeluh akan rasa haus dan lapar dapat juga mengurangi pahala ibadah puasa. Untuk itu, selama menjalankan ibadah puasa hendaknya mengurangi mengeluh, termasuk keluhan karena beratnya menahan rasa haus dan lapar ketika berpuasa.

Itulah 3 hal yang bisa dibilang sepele tetapi dapat mengurangi pahala ibadah puasa. Semoga kalian sebagai seorang muslim terhindar dari hal-hal tersebut dan tetap menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network