Perpisahan Sambil Berwisata Mengenal Binatang di Taman Satwa Cikembulan Garut

Hendrik Prima
Sekolah Saat Melaksanakan Perpisahan dan Kenaikan Kelas di Taman Satwa Cikembulan Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Momen perpisahan hal yang paling berkesan dirasakan oleh seluruh siswa, orang tua, hingga Guru. Bahkan di momen tersebut para siswa berkesempatan unjuk gigi dengan menampilkan kreasi - kreasi seni disaksikan oleh para orang tua.

Namun perpisahan yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri Empat (SDN 4) Karanganyar, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut, tahun ini berbeda. Pihak sekolah menyelenggarakan perpisahan siswa-siswi nya di Kawasan Taman Satwa Cikembulan yang berada di Kadungora, Garut.

Dimana, nilai-nilai edukasi yang didapat dari momen perpisahan kali ini. Siswa-siswi selain menampilkan kreasi seni nya, juga berkesempatan mengenal binatang yang tersedia di Taman Satwa Cikembulan Garut.

Kepala Sekolah SDN 4 Karanganyar, Sinta Iswanti, mengatakan, pihaknya memilih acara perpisahan kelas 6 dan kenaikan kelas 1 sampai 5 di Taman Satwa Cikembulan, menurutnya dinilai aman, luas, dan nyaman untuk anak-anak dalam bermainnya.

"Ya memilih acara ini di Taman Satwa Cikembulan, tempatnya aman, luas, dan nyaman untuk anak-anak bermainnya, sehingga orang tua tidak khawatir karena jauh dari keramaian lalu lintas,"ungkapnya, Selasa (20/6/2023).

Masih kata Sinta, nilai edukasi memilih tempat disini, para siswa tentunya dapat mengenal lebih jauh satwa - satwa yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia.

"Biasanya kan siswa itu hanya melihat satwa di televisi, Nah, sekarang ini mereka dapat melihat secara langsung hewan-hewan seperti Singa, Harimau, dan jenis lainnya, intinya mereka jadi tau semua jenis hewan,"ujarnya.

Acara perpisahan dan kenaikan kelas diikuti oleh 102 Siswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

"Ada 102 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6, nantinya mereka juga akan diajak berkeliling melihat hewan-hewan yang ada di Taman Satwa Cikembulan ini,"ucapnya.

Sementara pengelola taman satwa Cikembulan, Willy Ariesta, menjelaskan, pihaknya memfasilitasi bagi sekolah yang berkeinginan untuk menyelenggarakan kegiatan perpisahan maupun kegiatan -kegiatan lainnya. Dimana, kata Dia, Taman satwa Cikembulan memiliki pendidikan luar sekolah (PLS), yang mana program ini sekolah dengan siswanya berkesempatan untuk mengenal lebih jauh hewan-hewan yang ada disini.

"Ada tim promosi, dimana kami memberikan penawaran kepada setiap sekolah dengan Program PLS, program ini memberikan edukasi kepada siswa untuk lebih jauh mengenal hewan-hewan, dan lebih jauhnya berkesempatan juga memberi makan satwa yakni Feeding Time,"kata Willy.

Willy juga mengajak kepada semua sekolah yang berkeinginan untuk menyelenggarakan kegiatan di Taman Satwa Cikembulan, bisa melalui tim promosi yang telah dibentuk.

"Bagi siapa saja yang ingin melaksanakan kegiatan seperti perpisahan sekolah dan lainnya, nanti tim promosi kami akan melakukan visit ke setiap lembaga-lembaga pendidikan, dan tentunya kami akan kenalkan beberapa program yang kami miliki,"tandasnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network