get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

6 Oleh-oleh Khas Garut Populer 2023, Cocok Jadi Buah Tangan

Minggu, 12 Maret 2023 | 11:04 WIB
header img
Salah satu toko yang menyediakan beragam oleh-oleh khas Garut. Foto iNewsGarut.id/Dindin Ahmad S

GARUT, iNewsGarut.id – Oleh-oleh khas Garut memang sangat beragam dan seringkali diburu banyak wisatawan. Olahan kuliner di Garut memiliki cita rasa yang enak dan sangat menggugah selera makan, cocok untuk camilan saat bersantai bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Oleh-oleh Garut juga cocok sekali untuk dijadikan buah tangan untuk orang tersayang.

Selain terkenal dengan destinasi wisata, fesyen, dan produk lainnya, di Garut juga terdapat camilan yang khas. Berikut ini ada enam rekomendasi oleh-oleh khas Garut yang bisa anda bawa pulang setelah liburan di kota dengan julukan Kota Dodol.

Berikut 6 Oleh-oleh Khas Garut Populer 2023

1. Dodol Picnic

Jika anda tidak mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli dodol picnic saat mengunjungi Garut, perjalanan anda akan terasa kurang lengkap. Camilan ini merupakan salah satu kuliner khas yang banyak diminati para wisatawan ketika berkunjung ke Garut. 

Dodol picnic tersedia di setiap toko oleh-oleh yang ada di Garut, khususnya di sekitaran Cipanas. Selain itu, di beberapa tempat anda juga dapat mengamati secara langsung proses pembuatan dodol ini.

2. Dorokdok

Selanjutnya adalah dorokdok yang juga merupakan oleh-oleh khas Garut. Makanan ini memiliki rasa yang sangat enak, gurih, dan nikmat, sehingga cocok juga untuk pendamping nasi saat makan.

Namun perlu anda ketahui, ada perbedaan antara dorokdok dengan kerupuk kulit karena dibuat dari kulit kerbau. Sehingga rasa dorokdok agak berbeda karena terbuat dari kulit sapi.

3. Emplod

Oleh-oleh khas Garut ini juga sering dibeli dan banyak diminati wisatawan untuk dijadikan buah tangan.Terlihat sekali dari namanya, bahwa makanan yang satu ini berasal dari Sunda.

Makanan ini terbuat dari singkong yang dihaluskan, lalu diperas, kemudian didiamkan selama 24 jam untuk menghasilkan emplod. Setelah itu, dipadukan dengan parutan kelapa dan bumbu tambahan lainnya untuk menciptakan cita rasa masakan yang gurih dan lezat.

Setelah semuanya tercampur, adonan dibuat seperti bola-bola kecil yang menyerupai kelereng. Adonan kemudian digoreng dengan minyak panas, sehingga menghasilkan tekstur yang sangat renyah.

4. Moring

Berikutnya ada moring yang merupakan kependekan dari cimol kering. Oleh-oleh khas Garut ini adalah cimol yang dibentuk pipih sebelum digoreng hingga garing, sehingga teksturnya lebih renyah. 

Ada beberapa varian rasa, antara lain pedas, keju, bawang, dan barbeque. Saat berwisata ke Garut, jajanan yang satu ini tidak boleh anda lewatkan.

5. Chocodot

Oleh-oleh khas Garut ini merupakan perpaduan coklat dan dodol yang memiliki konsep unik, karena dikemas dengan tulisan yang menarik. Misalnya coklat mudah jodoh, kenangan mantan dan lain-lain. 

Selain campuran dodol, bahan yang digunakan untuk membuat camilan ini yaitu cabai, buah-buahan, kacang-kacangan. Sehingga menciptakan rasa yang unik dan menarik saat menyantap Chocodot.

6. Burayot

Burayot merupakan jajanan tradisional yang bisa anda temui ketika berkunjung ke Garut. Meskipun bentuknya nampak aneh, namun rasanya lezat karena terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah.

Nama Burayot berasal dari bentuknya yang bundar keriput atau "ngaburayot" (kata orang Sunda), maka makanan tersebut populer disebut Burayot. 

Burayot sangat cocok dijadikan oleh-oleh dari Garut, karena tidak bisa anda temukan di daerah lainnya.

Itulah 6 oleh-oleh khas Garut yang wajib anda bawa pulang ketika berkunjung dan liburan di kota Garut.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut