get app
inews
Aa Read Next : Dambakan Jalan Puluhan Tahun, Warga Cintadamai Kini Terobati oleh Program TMMD Kodim 0611/Garut

Gravit, Pengusaha Perempuan yang Sukses di Usia Muda

Senin, 24 Juli 2023 | 22:10 WIB
header img
Gravit, seorang perempuan asal Kabupaten Situbondo menunjukan kopi hasil racikan kedainya.Foto Istimewa

SITUBONDO, iNewsGarut.id – Kisah inspiratif kali ini mengajarkan kita semua tentang ketekunan akan membuahkan hasil terbaik. Setidaknya itulah yang membuat seorang gadis asal Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berhasil menjadi pengusaha di usia muda. 

Dia adalah Gravit. Seorang pengusaha muda yang mewujudkan mimpinya memiliki kedai kopi di usia kepala dua.

Bergabung dengan PNM Mekaar di 2019, kini dirinya berhasil membuka 2 Kedai Kopi dan 1 usaha distribusi di Situbondo. Proses panjang dialami Gravit bersama PNM, mulai dari nasabah, hingga akhirnya ia resmi bergabung menjadi account officer (AO). 

Sifat tekun membuat ia selalu menyisihkan penghasilannya sebagai AO PNM selama ia bekerja. Uang hasil menabung itu ia gunakan juga sebagai modal bisnis dari usaha yang digelutinya. 

Berkunjung ke Jakarta pada 2022 lalu, Gravit menceritakan sekelumit perjuangannya yang tentu tidak mudah. Ia mengaku keluarganya sempat mengalami kesulitan ekonomi yang cukup serius. 

Gravit menuturkan dirinya dan keluarga sempat tertimpa musibah. Mereka pernah menjadi korban penipuan.

Namun Walaupun masih belia, rasa tanggung jawab untuk menyejahterakan keluarganya sangat besar. Ia berjuang dengan ketekunan dan sabar dalam melakukan pekerjaan demi mimpinya.

Gravit sendiri merupakan salah satu dari 63.900 orang pendamping PNM Mekaar. Kesehariannya dalam mendampingi Ibu-Ibu Nasabah juga secara tidak langsung menambah pengetahuannya terkait kewirausahaan. 

Mulai dari kegiatan pencairan, hingga pendampingan usaha pada setiap petemuan mingguan. Sampai akhirnya di 2022 lalu, Gravit berhasil mendirikan 3 Kedai Kopi atas jerih payahnya sendiri.

“Sejak Pandemi memang tantangannya di karyawan yang berkurang. Saya enggak pernah memberhentikan, pasti saya perjuangkan, tetapi kebanyakan karena alasan pribadi,” ucap Gravit, Senin (24/7/2023). 

Satu kedai milik Gravit terdampak pandemi. Dia menceritakan sekarang kedai kopinya bertahan di 2 cabang.

Tidak patah semangat, Ia lalu menceritakan bisnis yang sedang digadangnya 3 bulan belakangan ini. “Omzet lumayan sekali, walaupun masih jadi agen tapi kedai kopi di sini ngambil es kristalnya ke saya. Ada karyawan juga yang bantu,” tambahnya.

Perempuan hebat ini yakin bahwa masalah dalam bisnis adalah biasa dan bisa dicari jalan keluarnya (problem solving). Sejak awal memutuskan untuk berbisnis Kedai Kopi, Gravit sudah memperhitungkan peluang bisnis di Situbondo, kampung halamannya. 

Pada saat itu, tempat nongkrong sambil menikmati koo masih sangat jarang. Walaupun menghadapi tantangan sampai harus menutup salah satu kedai kopinya, Gravit meyakini peluang bisnis pasti akan selalu ada. 

Maka dari itu bisnis es kristalnya justru meraup omzet yang sangat menguntungkan. Meski telah sukses dan mampu bertahan dari dampak pandemi, Gravit tak menanggalkan pekerjaannya sebagai AO Mekaar. 

“Mamah selalu ingetin saya untuk tidak melupakan dari mana kamu berasal, jangan jadi kacang lupa kulit. Modal awal saya ya dari PNM, selain mengabdi saya juga mau tumbuh dalam lingkup ini,” ucapnya tersenyum saat mengenang awal mula ia berkarir. 

Tidak hanya sejahtera bagi diri dan keluarga, kedai kopinya membuka lapangan usaha bagi kawan dan warga di sekitarnya. Beberapa kawannya yang baru lulus bangku SMA dan membutuhkan penghasilan lebih dirangkul olehnya.

Nasabah PNM Mekaar kenalannya pun ada yang menjadi karyawannya. Di akhir perbincangan dengan Gravit, ia menambahkan, bahwa dirinya selalu bersyukur dapat bergabung bersama teman-teman di PNM Mekaar.

"Manfaat ini bukan bicara materi, tetapi koneksi, pengetahuan, dan pengalaman yang jauh lebih mahal," katanya. 

Salah satu kedai kopi milik Gravit di Situbondo adalah Azalea Resto and Café di Jalan Argopuro No.100A, Mimbaan Barat, Mimbaan, Kecamatan Panji. Jika Anda pecinta kopi yang sedang berkunjung ke Jawa Timur, khususnya Kecamatan Panji, kafe milik Gravit ini cocok untuk didatangi.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut