Hewan Kurban di Pastikan Bebas PMK di Masjid Al- Hidayah Cibongas

Indra
Salurkan Hewan Kurban DKM Al-Hidayah Kampung Cibongas sembelih 11 ekor domba. Minggu (10/7/2022). Foto iNewsGarut.Id/Indra

GARUT, iNews.id Sejumlah masjid di wilayah Kecamatatan Singajaya mulai melaksanakan pemotongan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Minggu (10/7/2022).

Pantauan iNews.id, Minggu (10/7/2022) pagi, warga dan para pengurus Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Masjid Al-Hidayah sudah sibuk memotong hewan kurban yang terdiri dari 11 ekor domba.

Daging hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan oleh pengurus masjid dan dibagikan langsung kepada warga di DKM Al-Hidayah Kampung Cibongas, Desa Sukawangi.

Ketua DKM Masjid Al- Hidayah Ajiz (50) mengatakan, bahwa terdapat 11 ekor kambing yang diserahkan dari warga untuk di sembelih," kata Ajiz kepada wartawan.

Menurut Ajiz, hewan kurban yang akan disembelih di Masjid Al-Hidayah ini seluruhnya telah diperiksa kondisi kesehatannya dan di periksa terlebih dahulu. Hal itu untuk memastikan bahwa hewan kurban tersebut terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah merebak di sejumlah wilayah saat ini.

"Jadi domba yang akan di jadikan hewan kurban dan disembelih semua sudah diperiksa kesehatannya terlebih dahulu," pungkasnya.

Hal senanda dikatakan Deden (35) salah seorang pelaksana penyembelihan hewan kurban mengatakan, hari ini ada 11 ekor domba yang disembelih dan untuk membersihkan daging tersebut di cuci langsung di air mengalir.

" Dari 11 ekor domba yang disembelih untuk menghindari pencemaran lingkungan proses pencuciannya di air mengalir salahsatunya di sungai," katanya.

Daging dipastikan bersih karena proses pencucianya melalui beberapa tahapan dan untuk pemyalurannya secara door to door melalui panitia.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network