Mitos dan Pantangan Seputar Gunung Lumbung di Singajaya Garut, Pendaki Wajib Tahu!

Dindin
Potret Gunung Lumbung di Desa Sukamulya, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut. Foto iNewsGarut.id/Dindin.

GARUT, iNewsGarut.id – Gunung Lumbung yang menjulang tinggi dikelilingi bebatuan besar memiliki sederet mitos dan larangan yang tidak boleh dilanggar.

Selain menjadi tempat favorit bagi para pendaki, Gunung Lumbung yang terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut ini, juga terkenal dengan kesakralannya yang masih terjaga hingga saat ini.

Salah seorang warga Desa Sukamulya, Furqon (38), mengatakan bahwa sebenarnya terkait dengan cerita-cerita yang beredar, ia tidak berani menyebut bahwa itu hanyalah sebuah mitos. Sebab menurutnya sudah banyak fakta yang terjadi di Gunung Lumbung tersebut.

"Untuk traveler yang sedang merencanakan pendakian ke Gunung Lumbung, boleh percaya atau tidak soal mitos-mitos dan pantangan tersebut. Namun, masyarakat di sana sampai sekarang masih mempercayainya," katanya, Rabu (4/1/2023).

Mitosnya tidak boleh menyebut kata "Dagoan" (tunggu) saat melakukan pendakian ke puncak Gunung Lumbung. Karena berdasarkan cerita-cerita orang tua zaman dulu, apabila mendaki ke Gunung Lumbung kita dilarang menyebutkan kata itu (Dagoan).

"Sehingga kata "Dagoan" jadi tidak diperbolehkan diucapkan ketika kita sedang berada di Gunung Lumbung, jika itu dilanggar maka akan menemui kendala saat melakukan pendakian," ungkapnya.

Namun, Gunung Lumbung memiliki kelebihan lain, selain dari pesona alamnya yang masih asri, juga diatasnya terdapat beberapa benda alami dari bebatuan dan juga makam keramat.

"Di atas Gunung Lumbung terdapat benda berbentuk batu yang menyerupai bakul yang masih dikeramatkan, kemudian ada tugu dan juga terdapat makam Eyang Dago," jelasnya.

Makna dari nama Gunung Lumbung sebut Furqon, karena diatas sana konon menurut orang tua zaman dulu terdapat benda-benda berharga.

"Gunung Lumbung itu penampungan segala harta benda. Dan bagi tamu yang bekunjung untuk kepentingan spiritual harus dibarengi oleh juru kunci atau kuncen," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network