BPS RI Kolaborasi Dengan Yayasan CBB Indonesia Tanam 1200 Pohon di Garut

Dindin Ahmad S
Penanaman pohon di Perkebunan Selekta, Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Sabtu (10/6/2023). Foto iNewsGarut.id/Dindin Ahmad S.

GARUT, iNewsGarut.id – Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) berkolaborasi dengan Yayasan Citra Bina Bangsa (CBB) Indonesia Sekolah Gunung dan Konservasi Alam Jagawana Talaga Bodas melakukan penanaman pohon sebanyak 1200 buah berjenis kopi dan alpukat.

Kegiatan yang bertema "Gerakan Garut Hijau Lestari" itu berlokasi di Perkebunan Selekta, Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Sabtu (10/6/2023).

Penanaman 1200 pohon ini tentunya sebagai wujud kepedulian dari pihak BPS serta komunitas para pecinta alam di Garut bahwa mereka peduli terhadap lingkungan. Selain itu, penanaman pohon ini juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023.

Kepala Bagian (Kabag) Pencetakan Arsip dan Ekspedisi Biro Umum BPS RI, Tri Purwanto, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian pihaknya terhadap lingkungan dan memang sudah rutin dilaksanakan.

"BPS sendiri karena kantornya ada di seluruh kabupaten/kota, provinsi, seluruh Indonesia. Jadi ini sebenarnya bisa menjadi pemicu sehingga nanti ke depannya bisa menjadi massal atau massive," ujar Tri Purwanto.

Ia berharap ke depannya kegiatan penanaman pohon seperti ini bisa berlanjut dan bisa dilaksanakan oleh seluruh BPS yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Yayasan Citra Bina Bangsa (CBB) Sekolah Gunung Konservasi Alam Jagawana Talaga Bodas, Uun Frinawaty, mengungkapkan, hari ini merupakan paling luar biasa dikarenakan pada kegiatan Gerakan Garut Hijau Lestari ini pihaknya bisa melaunching satu program baru yaitu Hutan Karbon Kabupaten Garut.

"Hari ini alhamdulilah dapat hibah lahan 2 hektare dari lahan holtikultura dijadikan hutan konservasi dengan tanaman produktif konsep pertanian agroforestri, yaitu adanya tanaman tegakan, tanaman penyangga, dan tanaman penyela," paparnya.

Ia berharap semoga semua tanaman yang ditanam bisa terjaga. Pihaknya juga akan bekerjasama salah satu kelompok tani dalam progres penanaman pohon ini.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network