Program SIMKURING Keliling Wilayah Jabar Ditutup di Garut, Tayangkan Empat Film Spektakuler

Dindin Ahmad S
Gelaran program Sinema Kuriling (SIMKURING) keliling wilayah Jabar di Teras Cimanuk, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. (Foto Istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Program SIMKURING (Sinema Kuriling) yang digelar di Kabupaten Garut selama dua hari, yakni pada tanggal 16-17 September 2023, menjadi penutup rangkaian SIMKURING keliling wilayah di Jawa Barat (Jabar) yang terselenggara dengan penuh keseruan.

Program ini diselenggarakan oleh Bandung Film Commission (BFC) berkolaborasi dengan Garut Film Forum (GFF).

Kegiatan dimulai pada hari Sabtu (16/9/2023), peserta diajak mengikuti workshop dan pelatihan pembuatan film dengan menggunakan smartphone.

Mereka dibimbing oleh para praktisi industri sekaligus para dosen perfilman, yang berbagi teknik dan wawasan berharga untuk menciptakan film yang menarik hanya dengan menggunakan smartphone.

Para peserta menunjukkan antusiasme dan dedikasi yang luar biasa sepanjang workshop.

Kemudian, puncak acara berlangsung pada hari Minggu (17/9/2023) malam, dengan penayangan film-film yang dibuat oleh peserta workshop di Teras Cimanuk, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Film-film tersebut memperlihatkan bakat, kreativitas, dan sudut pandang yang unik dari para peserta.

Kualitas film-film tersebut sungguh luar biasa, menggambarkan esensi bercerita melalui tangkapan kamera smartphone.

Tak hanya film-film yang dibuat oleh peserta workshop yang ditayangkan, tetapi juga ada penayangan empat film pilihan spektakuler yang diboyong oleh BFC, yakni film berjudul "Oh Darling", "Kusut", "Murag", dan "Ceuk Mamah Ge".

"Saya sangat kagum dengan antusiasme dan hasil karya peserta yang luar biasa. Garut merupakan lokasi terakhir yang dipijak oleh BFC dalam kegiatan SIMKURING ini setelah beberapa rangkaian kegiatan BFC di kota lain," kata Koordinator Program SIMKURING BFC, Deden M. Sahid.

Ia menyebutkan, sebelumnya program SIMKURING telah digelar di wilayah Bandung, Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), yang dipusatkan di Kabupaten Kuningan, wilayah Bogor Raya meliputi kota dan Kabupaten Bogor, serta Kabupaten Cianjur yang dipusatkan di Kota Bogor.

"Melalui kegiatan ini, peserta dapat mengasah keterampilan mereka dalam bidang perfilman dan memperluas wawasan mereka dalam dunia perfilman," tuturnya.

Menurut dia, para peserta perlu memanfaatkan kesempatan bimbingan dari para mentor berpengalaman.

Wakil Ketua GFF, Robiansyah, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BFC atas kolaborasi dalam kegiatan program SIMKURING.

"Garut Film Forum mengucapkan terima kasih kepada Bandung Film Commission atas kolaborasinya dalam kesuksesan dan juga kepada seluruh peserta SIMKURING," ucapnya.

Ia juga mengungkapkan apresiasi kepada semua peserta atas semangat dan komitmen mereka dalam mengikuti kegiatan hingga karyanya jadi.

Menurutnya, program SIMKURING tidak hanya memberikan platform bagi pembuat film berbakat untuk memamerkan karya mereka, tetapi juga membangun rasa komunitas dan persaudaraan diantara para penggemar film di Garut.

Robiansyah berharap acara serupa dapat terus diadakan untuk mendukung perkembangan perfilman di Jabar khususnya di Garut.

Program SIMKURING dengan berkeliling di Jabar ini terlaksana atas dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jabar, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, serta pihak-pihak lainnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network