Diskannak Garut Terus Galakan Program Gemarikan Pada Puluhan Siswa SD

Hendrik Prima
Sosialisasi program Gemarikan Diskannak Kabupaten Garut  kepada siswa SDN Mangkurakyat 7. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Garut Tahun 2022 sebesar 30,77 kg/kapita/tahun, naik dibanding AKI Tahun 2021 sebesar 28,86 kg/kapita/tahun. Meski demikian angka tersebut masih dibawah angka rata-rata Jawa Barat sebesar 40,76 kg/kapita/tahun. Sedangkan AKI nasional hingga Okt 2023 mencapai 56,48 kg/kapita yang ditargetkan 60 kg/kap.

Guna meng- upgrade angka konsumsi ikan tersebut, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Garut terus menggalakkan Program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (9/12/2023) kemarin itu, ada sekitar 96 siswa di SDN Mangkurakyat 7, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, antusias mengikuti sosialisasi program ini. Dalam kesempatan ini pula dibagikan pula 200 paket kudapan olahan ikan.

Gemarikan bertujuan untuk memberikan mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Kepala Diskannak Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, menekankan urgensi program ini dalam mendukung penanganan stunting di Kabupaten Garut. Dalam keterangannya, ia menyatakan bahwa ikan, sebagai sumber protein yang terjangkau, dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan gizinya.

"Mudah-mudahan ini bisa multiplier effect, satu bisa memasyarakatkan terkait dengan makan ikan untuk anak-anak sekolah SD terutama ya, karena ini nanti berhubungan dengan stunting, tidak boleh terjadi lagi nanti anak-anak kita mengalami stunting, sehingga kekurangan protein yang berasal dari protein hewani," ujar Beni.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network