Siaga Bencana, Kemensos RI Bentuk Lumbung Sosial di Desa Talagajaya, Garut

Indra Sanjaya
Berikan bantuan dari Kemensos RI kepada lumbung sosial, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya.

GARUT, iNewsGarut.id – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) distribusikan bantuan bahan makan dan peralatan untuk kesiapsiagan menghadapi bencana alam di Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.

Program Kemensos ini di salurkan dalam bentuk lumbung sosial, tujuannya untuk kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana dalam mengantisipasi kebutuhan masyarakat di wilayah Desa Talagajaya ketika menghadapi bencana yang muncul secara tiba-tiba.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kemensos RI melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana alam (PSKBA) Kemensos RI kepada Pemerintah Desa Talagajaya yang diterima langsung oleh Kepala Desa Talagajaya bersama KSB Talagajaya.

"Tujuan pembentukan lumbung sosial di suatu daerah itu untuk mempermudah warga agar mudah menjankau bantuan, apabila suwaktu-waktu terjadi bencana," kata Haykal, pokja kesiap siagaan & mitigasi, Direktorat PSKBA, Kemensos RI, Jumat (22/3/2024).

Haykal berharap dengan dibentuknya lumbung sosial dan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi dapat mempermudah pendistribusian bantuan logistik kepada warga masyarakat.

"Harapanya dapat mempermudah pendistribusian bantuan dari Kemensos. Agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu bantuan seiring menunggu bantuan dari pemerintah lainnya, sudah ada cadangan bantuan yang terdistribusi sejak awal apabila terjadi bencana," jelasnya.

Menanggapi bantuan dari Kemensos, Kades Talagajaya, Deni Hendra Permana menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemensos yang telah menyerahkan bantuan lumbung sosial dan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Talagajaya.

"Terimakasih kepada Kemsos RI dan semua unsur yang telah mendukung dan program lumbung sosial dan juga membentuk Kpung Siaga Bencana (KSB) di Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, dalam kesiap siagaan menghadapi bencana," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network