Peringatan Hari Pendidikan dan Hari Menggambar Nasional 2024 di TIB Garut

Hendrik Prima
Lukisan model bahagia Baduy Dubai yang dijadikan icon Taman Indonesia Bahagia (TIB) Galeri Lukis Asep Dunia (GLAD). Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Taman Indonesia Bahagia khususnya GLAD (Galeri Lukis Asep Dunia) secara sederhana mengadakan peringatan hari pendidikan dan hari menggambar nasional tahun 2024 yang dicanangkan setiap tanggal 2 Mei.

Asep Chaerulloh pemilik TIB mengatakan, kegiatan ini sebagai peringatan Hardiknas dan hari menggambar nasional 2024. Dimana, imbuhnya, semua perlu memahami antara pendidikan dan menggambar merupakan satu kesatuan yang tidak pernah dipisahkan, secara insting naluriah mengajarkan imajinasi, ekspresi, dan kreasi.

"Kita perlu memahami bahwa menggambar adalah dasar dari pendidikan yang secara insting naluriah mengajarkan bagaimana berimajinasi,berekspresi dan berkreasi,"ungkapnya.

Dalam hal ini, menurutnya, tidak banyak dipahami bahwa menggambar menjadi ibu dari pendidikan dasar, sederhananya sebelum mengetahui sebuah benda atau bentuk.

"Dengan menggambar lebih bisa berbicara dan menjelaskan lebih banyak apa yang dipikirkan apa yang dirasakan dan apa yang diinginkan,"ujarnya.

Peringatan tersebut dilaksanakan TIB pada Sabtu tanggal 4 Mei yang sekaligus sebagai sarana temu kangen para tokoh tunas integritas, yaitu pribadi-pribadi yang bersama sama berjuang  membangun budaya integritas di Indonesia. Tunas artinya tujuan nasional, maka Tunas Integritas adalah bagaimana mendorong agar tujuan nasional diwujudkan dengan penuh integritas. 

Pada kesempatan itu juga dijadikan sarana untuk mengekspos lukisan model bahagia  Baduy Dubai  yang dijadikan ikon Taman Indonesia Bahagia. Lukisan besar berukuran 300 x 550 cm.  Kebahagiaan adalah ujung dari segala tujuan manusia (Aristoteles), sehingga tujuan nasional  perlu memastikan kebahagiaan sebagai indikatornya, apalagi dengan adanya world happy index, yang kebetulan Indonesia masih rendah urutannya didunia.

"Ya kegiatan ini juga jadi kesempatan untuk mengekspos salah satu lukisan model bahagia Baduy Dubai yang menjadi icon disini,"kata Asep.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, tunas integritas yang hadir sebagai simbol, merupakan pejabat dan mantan pejabat yang kehadirannya mewakili tunas integritas secara keseluruhan. Para tunas integritas  membaca puisi dari lukisan yang di iringi musik, jadilah musikalisasi puisi lukisan. Beberapa puisi dari lukisan yang ada di GLAD Galeri Lukis Asep Dunia dibacakan.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network