6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Vien Dimyati
Pantai Rancabuaya di Garut merupakan pantai denagn pasir putih, ombak yang besar, serta pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Garut adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang menawarkan pemandangan menakjubkan untuk dieksplorasi. Keindahan alamnya tidak kalah dengan Bandung atau Bogor yang populer di kalangan wisatawan.

Selain memiliki pemandangan pegunungan, air terjun, dan pantai, Garut juga memiliki berbagai desa yang menakjubkan. Saat liburan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Garut. Beberapa desanya wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Penasaran, desa mana saja yang menakjubkan di Garut dan harus dikunjungi?

Berikut ulasannya yang dirangkum pada Senin (1/7/2024)

1. Desa Rancabuaya

Desa pertama yang harus dikunjungi adalah Rancabuaya. Desa ini terkenal dengan pantainya yang eksotis, yaitu Pantai Rancabuaya. Pantai ini memiliki pasir putih, ombak yang besar, serta pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Di pantainya, menawarkan keindahan pantai dengan ombak besar, pasir putih, dan sunset yang memesona. Desa Rancabuaya, berlokasi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

2. Desa Ciburuy


Situs Ciburuy

Kabuyutan Ciburuy. Situs ini bukan sembarang situs. Situs yang merupakan peninggalan jaman Prabu Siliwangi yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya yaitu Prabu Kiyan Santang, dulunya merupakan tempat khusus bagi orang-orang berilmu tinggi.

Secara administrasi Situs Kabuyutan Ciburuy terletak Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Lokasinya berada di titik koordinat 7° 17′ 18″ S, 107° 49′ 43″ E.

Di daerah Situs Kabuyutan Ciburuy terdapat tiga buah rumah adat yang bernama bumi padaleman (tempat menyimpan benda-benda naskah kuno,daun lontar dan nipah), bumi patamon (tempat penyimpanan benda tajam seperti keris, kujang trisula, dan alat kesenian goong renteng) dan lumbung padi atau “leuit”, (tempat menyimpan bahan makanan terutama padi).

Warga desa mengatakan warga dengan kulit albino ini sudah berada selama 149 generasi. Desa Ciburuy berlokasi di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network