Diduga Akibat Buang Puntung Rokok Sembarangan, Lahan Kering di Limbangan Garut Terbakar

Hendrik Prima
Petugas pemadam kebakaran saat melakukan pemadaman api di area lahan kering. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Lahan kering seluas 20x15 m² di Kampung Banen RT 02/12, Desa Limbangan Timur, Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat, terbakar. Dilaporkan peristiwa itu terjadi sekira pukul 13.45, Jum'at (30/8/2024).

Penyebab kebakaran lahan kering tersebut diduga adanya seseorang yang membuang puntung rokok sembarangan ke lahan kering tersebut.

Kepala UPT Damkar Limbangan Aden Jamaludin mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga adanya kebakaran lahan, dan bergegas langsung ke lokasi dengan menerjunkan regu 2 dan satu unit mobil pemadam untuk melakukan pemadaman api agar tidak merambat ke lahan lainnya.

"Kami sekira pukul 13.45 WIB mendapatkan laporan adanya lahan yang kebakaran milik Pak Ahmad, luasnya kurang lebih sekitar 20x15 m²,"ungkapnya.

Proses pemadaman, kata Aden, regu 2 berhasil memadamkan api satu jam kemudian, "Alhamdulillah api segera dapat dipadamkan, dibantu pihak satpol PP juga warga setempat,"ujarnya.

Menurut saksi mata di sekitar lahan tersebut, jelas Aden, api diduga berasal adanya  seseorang yang melewati lahan tersebut dan membuang puntung rokok  sembarangan.

"Kata saksi ada seseorang yang lewat membuang puntung rokok sembarangan ke arah lahan kering itu, dan menyebabkan timbulnya api membakar lahan tersebut,"jelasnya.

Dalam peristiwa itu, Aden menyatakan tidak ada korban jiwa, dan untuk kerugiannya inmaterial, "korban luka maupun jiwa tidak ada, kerugian inmaterial,"katanya.

Aden mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah UPT Damkar Limbangan agar senantiasa menjaga lingkungannya terutama lahan kering, dengan cara, tidak membuang benda apapun di tengah kondisi cuaca panas yang dapat menyebabkan timbulnya api.

"Semoga peristiwa buang puntung rokok sembarangan ke area lahan kering tidak terulang kembali,"pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network