Garut Belum Miliki City Branding, Disparbud Fokus Strategi Majukan Wisata

Hendrik Prima
Rapat Persiapan dan Pengembangan Program City Branding Kabupaten Garut. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Hingga saat ini Kabupaten Garut belum memiliki city branding. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Aulia Malik, mengakui, Kabupaten Garut belum memiliki city branding yang spesifik. Oleh karena itu, pihaknya mengundang beberapa pihak dalam rangka menentukan arah yang tepat untuk identitas kota Garut.

"Apa mau ke arah wisata, atau ke arah mana. Mungkin dengan adanya kegiatan ini kita bisa lebih fokus dalam menentukan city branding Garut," ujar Aulia, usai menggelar rapat persiapan pengembangan program city branding Kabupaten Garut pada Kamis (17/10/2024). Acara yang berlangsung di Aula Kantor Disparbud ini bertujuan untuk mencari identitas khas yang dapat mewakili Kabupaten Garut dalam konteks branding kota.

Dalam rapat tersebut, tambah Aulia, strategi promosi identitas Kabupaten Garut sebagai destinasi unggulan juga dibahas. Beberapa langkah yang akan diambil antara lain pengembangan konten digital, kolaborasi dengan content creator dan influencer, penyelenggaraan berbagai event budaya, pariwisata, dan produk ekonomi kreatif. Selain itu, akan ada kerjasama dengan sektor swasta dan pemerintah lain untuk memperkuat citra Garut sebagai kota wisata.

"Lomba foto dan videografi itu sebagai dasar untuk nanti menjadikan branding pariwisata dan nantinya akan berkelanjutan lagi sebagai dasar untuk lomba city branding ke depannya untuk tahun 2025," jelas Aulia.

Aulia menuturkan, rapat tersebut berhasil menghimpun berbagai pandangan strategis untuk memajukan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah ini. Berbagai pihak penting turut hadir, seperti perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), termasuk Sekretaris Dinas, Kepala Dinas, Kepala Bidang Pemasaran, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf), serta staf Ekraf dan Pemasaran. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Bappeda, Diskominfo, DKKG, Garut Fashion Carnival (GFC), dan Komunitas Fashion Garut (KFG).

Aulia Malik, menjelaskan bahwa visi utama program city branding ini adalah menjadikan Garut sebagai destinasi unggulan yang dikenal luas, baik di tingkat nasional maupun internasional. Fokus utamanya adalah mengedepankan keunikan budaya lokal, keindahan alam, serta potensi ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

Lebih lanjut, Aulia Malik menjelaskan bahwa target jangka pendek dari program city branding ini adalah peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, penguatan kolaborasi dengan sektor swasta dan komunitas, serta pengembangan infrastruktur pendukung wisata. 

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network