Komunitas Budaya Posstheatron Kerja Sama Dengan APDESI Garut Gelar Pasanggiri Longser

Hendrik Prima
Pasanggiri Longser Garut 2024 yang berlangsung di Gedung Art Center. Foto istimewa

GARUT iNewsGarut.id – Komunitas Budaya Posstheatron, bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Garut, menggelar Pasanggiri Longser Garut 2024 di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada Kamis (24/10/2024).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Luna Aviantrini, menyampaikan bahwa budaya merupakan benteng moral sekaligus identitas bangsa. Menurutnya, pelaku seni budaya adalah pengawal kebudayaan itu sendiri. Luna menilai, ajang Pasanggiri Longser dapat menjadi wadah untuk memperkuat kerja sama antara pemerintah dan para seniman, serta sebagai bentuk penghargaan kepada insan budaya yang telah berkontribusi dalam pelestarian kebudayaan di Garut.

"Pasanggiri Longser ini merupakan bentuk atau implementasi dari pelestarian dan perlindungan kebudayaan, juga merupakan pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan dengan empat aspek ini Pemerintah Kabupaten Garut ingin pemajuan kebudayaan dilakukan secara terpadu," ucap Luna.

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini koordinasi dan kolaborasi antara Pemkab Garut dan seniman budaya dapat lebih solid lagi. Selain itu, Pasanggiri Longser ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam hal pelestarian budaya khususnya budaya Sunda.

"Harapan kami, di masa mendatang kegiatan ini dapat menjadi event unggulan Kabupaten, bahkan penyelenggaraannya dapat ditingkatkan menjadi sampai ke tingkat Jawa Barat," katanya.

Deni Pahru, pelaksana acara, menjelaskan bahwa Longser merupakan kekayaan budaya masyarakat Sunda yang mulai diperkenalkan sekitar tahun 1950-1960an. Seni Longser, menurutnya, lahir dari kreativitas nenek moyang Sunda dalam menciptakan hiburan bagi masyarakat. Namun, Deni menyoroti bahwa saat ini Longser mulai dilupakan, sehingga pihaknya terdorong untuk menghidupkan kembali seni ini melalui Pasanggiri Longser.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network