Kerjasama Dengan DPRD, Pemkab Garut Lakukan Opsih di Obwis Situ Bagendit

Dindin
Pelaksanaan Operasi Bersih di Objek wisata Situ Bagendit.

GARUT, iNews.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bekerja sama dengan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Yudha Puja Turnawan, melakukan launching Operasi Bersih (Opsih) di Objek Wisata (Obwis) Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Jum'at (13/5/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan secara gotong-royong, dengan membersihkan sampah di wilayah Obwis Situ Bagendit yang menumpuk di beberapa titik, salah satunya di area teratai.

Camat Banyuresmi, Jujun Juhana mengatakan, launching kegiatan Opsih ini dilaksanakan sejak tanggal 6 Mei 2022 lalu, dan dipusatkan di Obwis Situ Bangendit. Ia menambahkan, Opsih ini juga dilakukan di tiga tempat lainnya, yaitu di lokasi Wisata Kalapa Cipicung, Obwis Situ Bagendit II dan III. 

Lanjutnya, ia menerangkan, kegiatan Opsih ini dilaksanakan secara rutin setiap hari Jum'at, dalam rangka mewujudkan kesadaran masyarakat dan kepedulian terhadap Obwis Situ Bagendit agar tetap bersih. 

"Tumbuh perasaan memiliki, kesadaran, kepedulian, persatuan dan kesatuan, sinergitas, keamanan, kenyamanan dan kegotong-royongan, dalam mewujudkan Situ Bagendit bersih, indah dan asri. Sehingga sapta pesona wisata dapat terwujud,” katanya saat dikonfirmasi langsung melalui pesan, Sabtu (14/5/2022).

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Garut, Fraksi PDIP, Yudha Puja Turnawan menyampaikan, untuk menjaga dan merawat Obwis Situ Bagendit ini tidak bisa hanya dibebankan kepada salah satu pihak saja. Namun harus ada komitmen bersama agar Situ Bagendit tetap menjadi daya tarik utama pariwisata Garut.

"Tentunya ketika sampah begitu banyak, Bagendit tidak akan menjadi daya tarik kembali, bahkan menjadi bahan omongan. Tentunya mungkin tidak semua pengunjung tapi sebagian pengunjung yang membuang sampah sembarangan, tapi karena mungkin begitu banyaknya pengunjung buang sampah sembarangan, sehingga sebagian ini bisa ya merusak daya tarik wisata itu sendiri," terang Yudha.

Kemudian, Yudha mengungkapkan, sebagai seorang anggota dewan, ia tidak bisa berdiam diri ketika melihat begitu banyak sampah yang berserakan di Obwis Situ Bagendit. Oleh karena itu, pihaknya langsung mengadakan gerakan gotong-royong dengan berbagai elemen untuk membersihkan daerah wisata.

"Alhamdulillah direspon baik juga oleh DPRD secara kelembagaan, insyaallah pada Selasa tanggal 17 Mei 2022, sebagian anggota DPRD akan ikut Opsih juga, yang diinisiasi oleh lembaga DPRD oleh Bu Euis Ida selaku Ketua DPRD," imbuhnya.

Terakhir, ia berharap, melalui kegiatan Opsih ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa membuang sampah sembarangan, apalagi di destinasi wisata merupakan perbuatan yang salah.

"Ya tentunya harapan kita ini menjadi bagian dari edukasi kepada warga bahwa buang sampah sembarangan apalagi di destinasi wisata itu tentu perbuatan yang sangat salah. Bahkan harapan saya pemerintah daerah bisa menerapkan sanksi denda bagi para pengunjung wisatawan yang buang sampah sembarangan," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network