Fresh Graduate Ingin Berhasil Melamar Kerja, Ini Tipsnya

Iqbal Dwi Purnama
.
Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:45 WIB
Ilustrasi melamar kerja.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, memberikan tips melamar kerja untuk fresh graduate.  

Menurut dia, ada 4 tips sederhana yang harus dilakukan agar lamaran dari fresh graduate dapat dilirik oleh Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Resource Development (HRD) sebuah perusahaan.  

Empat tips sederhana tersebut adalah:

1. Melengkapi Skil
Fresh graduate harus melengkapi skil sebelum melamar kerja. Sebaiknya skil yang dimiliki tidak hanya satu, melainkan beberapa skil yang disesuaikan dengan latar belakang ilmu atau kebutuhan perusahaan yang menjadi tujuan pelamar kerja. 

"Skil itu tidak satu, skil itu harus kemudian kompleks, karena tugas kita dalam suatu melakukan pekerjaan itu memang kompleks," ujar Denni Puspa Purbasari, dalam konferensi pers Virtual Career Fair, Senin (11/10/2021). 

Dia mengungkapkan, skil-skil tersebut dapat diperoleh secara gratis bagi penerima program Kartu Prakerja, dan bisa ditekuni sesuai minat. 

2. Surat lamaran kerja
Fresh graduate harus membuat surat lamaran kerja dengan jelas, lugas, dan teliti. Menurut dia, faktor ketelitian dalam membuat surat lamaran terkadang membuat fresh graduate tak lolos seleksi administrasi dari HRD. 

"Yang tak kalah penting adalah tulis surat lamaran kerja itu harus dengan sangat baik. Jangan panjang lebar, dan jangan sampai ada salah ketik satu pun," kata Puspa. 

Dia mengungkapkan, ketelitian merupakan salah satu kelemahan dari angkatan kerja di Indonesia. Hal ini, menjadi salah satu tolok ukur yang diperhatikan HRD saat memeriksa surat lamaran. 

"Kebanyakan fresh graduate itu tidak teliti, terburu-buru, terus asal submit," ungkap Puspa.  

3. Menyertakan CV
Fresh graduate harus menyertakan CV saat membuat lamaran. CV tersebut, juga harus ditulis dengan sangat profesional, dan benar-benar menginformasikan apa adanya. Agar menambah keyakinan dari pihak pencari kerja, 

Direktur Kartu Prakerja itu, mengatakan fresh graduate dapat memberikan keterangan kontak referensi, agar HRD dapat mengecek kebenaran informasi dari CV-nya.  

4. Persiapan
Fresh graduate harus mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan wawancara, seperti gesture, pakaian yang rapih dan sopan, kemudian sikap tubuhnya yang proper. 

Dia mengungkapkan, hal-hal tersebut sudah ada pelatihannya dalam prakerja, jadi tinggal practice make perfect, preparation membuat kita kemudian siap tempur.  

Turut hadir dalam acara tersebut juga Human Resource PT Santos Abadi, Mei Shinta yang menambahkan, mengetahui visi misi perusahaan juga menjadi satu nilai tambah. Dengan hal tersebut menurutnya HRD sebuah perusahaan akan mengetahui sejauh mana minat pelamar untuk bekerja dalam sebuah perusahaan. 

"Supaya dilirik oleh HRD dan tidak gagal, jadi persiapan itu penting bangat, persiapan ini mulai dari berkas, atau dokumen seperti CV, cover letter, itu harus di update," papar Puspa.

Editor : Sazili Mustofa
Bagikan Artikel Ini