get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Jerih Payah Setahun Menabung, Siswa dan Guru SMKN 2 Garut Berkurban 4 Ekor Sapi

Selasa, 12 Juli 2022 | 12:27 WIB
header img
Prosesi penyembelihan hewan kurban di SMKN 2 Negri Garut. Foto iNewsGarut.Id/Indra.

GARUT, iNews.id  Momentum Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Garut, menyembelih 4 ekor sapi untuk berkurban yang dibeli oleh pihak sekolah hasil dari jerih payah siswa dan guru dengan menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung dalam kurun waktu setahun.

4 ekor sapi besar yang dipesan pihak sekolah dari sentra peternakan sapi yang berada di wilayah Wanaraja ini rata-rata berbobot lebih dari 6,5 kuintal.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 2 Garut, Dadang Johar Arifin mengucapkan alhamdulillah pada tahun ini pihaknya bisa melaksanakan kurban hewan ternak berjenis sapi yang bobotnya rata-rata diatas 6,5 kuintal. 

"Hewan kurban ini buah dari tabungan siswa dan guru selama satu tahun," ucapnya saat dikonfirmasi melalui pesan, Selasa (12/7/2022).

Sambung Dadang, ia mengatakan walaupun ditengah merabahnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tidak menyurutkan SMKN 2 Garut untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

"Jumlah hewan yang disembelih tahun ini justru bertambah dibanding tahun sebelumnya yang hanya tiga ekor," sebutnya.

Uniknya yang menyembelih hewan kurban dilakukan oleh Kepsek SMKN 2 Garut sendiri, sedangkan pengurusan atau kepanitiaan melibatkan guru beserta siswa.

"Untuk mengurus daging kurban mulai dari penimbangan hingga pengemasan melibatkan guru-guru, dan untuk pembagian kepada masyarakat melibatkan siswa," kata Dadang.

Selanjutnya, Dadang menyampaikan bahwa siswa termasuk pengurus lintas organisasi di sekolahnya ini dilibatkan dalam pengurusan hewan kurban. Hal ini dilakukan untuk memberi edukasi mulai dari cara penyembelihan, proses pengemasan, hingga penyaluran daging kurban.

"Dari empat sapi yang disembelih pihak sekolah menjadi seribu paket daging kurban yang akan disebar ke pondok pesantren hinggga warga sekitar," tandasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut