get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Saldo Rp99,5 Juta Milik Warga Garut Ini Lenyap Usai Mengakses Link Perubahan Tarif Transaksi BRI

Rabu, 19 Oktober 2022 | 17:18 WIB
header img
Rizka Bella Tri Kartika (kanan), ibu rumah tangga asal Kampung Cimuncang RT02 RW 08, Desa Karangtengah, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, menunjukan foto  surat pengaduan pada Polres Garut Rabu (19/10/2022). ( Foto.Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNewsGarut.id – Aksi penipuan dengan modus pengumuman perubahan tarif transaksi BRI memakan korban. Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, seorang ibu rumah tangga asal Kecamatan Kadungora, Rizka Bella Tri Kartika (25), menjadi korban kejahatan digital perbankan modus ini.

Akibat kejahatan tersebut, warga Kampung Cimuncang RT02 RW 08, Desa Karangtengah, Kecamatan Kadungora ini harus menanggung kerugian yang cukup besar. Saldo tabungan sebesar Rp99,5 juta di rekening BRI miliknya raib seketika, usai ia mengklik link yang diberikan penipu.

Sebelum mengirimkan link, pelaku dengan nomor tak dikenal mengiriminya gambar pengumuman perubahan tarif transfer melalui whatsapp, sekira pukul 08.58 WIB pagi. Pesan singkat ini mulanya tak ditanggapi Bella, karena ia sedang berada di sekolah anaknya.

"Orang itu kemudian menghubungi saya, dengan mengaku sebagai pegawai BRI yang membutuhkan kepastian saya. Katanya terkait besaran tarif transfer, jadi saya harus memilih apakah akan mengggunakan tarif sebesar Rp150 ribu per bulan unlimited transaksi, atau tarif semula sebesar Rp6.500 per transaksi," kata Bella pada MNC Portal Indonesia (MPI) di Mapolres Garut, Rabu (19/10/2022).

Bella pun terbujuk untuk menanggapi permintaan pelaku, karena khawatir akan dianggap menerima pilihan tarif baru sebesar Rp150 ribu per bulan dikenakan apabila ia mengabaikannya. "Jika diabaikan, saya dianggap setuju dengan pilihan pertama. Makanya saya langsung ikuti perintah yang disampaikan," ujarnya.

Pelaku kemudian mengiriminya link untuk diakses. Tak berselang lama usai mengakses link tersebut, saldo tabungan sebesar Rp99,5 juta yang rencananya akan digunakan sebagai modal usaha itu pun hilang.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut