get app
inews
Aa Read Next : Polsek Singajaya Bersama Bhayangkari Berikan Bantuan Kepada Korban Terdampak Gempa Bumi

Gempa Bumi Guncang Garut, Terasa dari Ciamis Hingga Cianjur

Minggu, 13 November 2022 | 07:44 WIB
header img
Tangkapan layar BMKG terkait gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,3 yang berada di 122 km barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

GARUT, iNewsgarut.id – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,3 terjadi di 122 km barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (12/11/2022) sekira pukul 20.18 WIB. Lokasi gempa berada pada titik koordinat 8.18 LS -107.36 BT.

Berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG, gempa berada di kedalaman 10 km. BMKG juga memaparkan gempa tersebut dalam skala Mercalli (Modified Mercalli Intensity/MMI), yang dirasakan pada wilayah III Garut, III Tasikmalaya, II Ciamis dan II Cianjur.

Untuk diketahui, skala III MMI ini dapat digambarkan seperti getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu. Sementara skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang hingga benda-benda yang digantung bergoyang.

BMKG memastikan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di akun twitternya.

Menurut BMKG, gempa juga dilaporkan mengguncang satu jam sebelumnya, yakni pukul 19.29 WIB, dengan pusat 119 km barat daya Kabupaten Garut atau di titik koordinat 8.14 LS - 107.35 BT. Gempa ini berkekuatan M 4,9 dan berada di kedalaman 16 km.

Masih dari penjelasan BMKG, gempa pertama tersebut dirasakan pada wilayah II Tasikmalaya, II Sukabumi, II Cianjur, II Garut, dan I-II Kabupaten Bandung. Belum diketahui pasti dampak kerusakan yang diakibatkan dalam kedua gempa yang terjadi tersebut.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut