get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

FGD tentang Aplikasi Gentra Karya, Kadisnakertrans Garut : Ini Bermanfaat untuk Melihat Kompetensi

Jum'at, 02 Desember 2022 | 11:15 WIB
header img
FGD Gentra Karya, di Aula Gentra Disnakertrans Garut, Jalan Guntur Cendana, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.Foto (Ist)

GARUT, iNewsGarut.id – Focus Group Discussion (FGD) tentang Aplikasi Gentra Karya yang berakronim Gerakan Tenaga Kerja Berkarya, dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Gentra Disnakertrans Garut, Jalan Guntur Cendana, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (1/12/2022).

Kepala Disnakertrans Garut, Erna Sugiarti, mengatakan jika aplikasi yang kini menjadi program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat pencari kerja saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melihat kompetensi yang dimiliki oleh pencari kerja yang melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut.

"(Manfaatnya) kalau untuk perusahaan sendiri, mereka bisa menginformasikan lowongan kerja atau loker-loker yang ada di perusahaan tersebut, dan perusahaan ini bisa melihat langsung kepada pencari-pencari kerja yang sudah mempunyai kartu kuning, dan mempunyai skill sesuai dengan yang mereka upload di Gentra Karya," tutur Erna. 

Selain berisi lowongan kerja atau loker, imbuh Erna, di aplikasi ini nantinya juga terdapat beberapa informasi lain seperti informasi pelatihan, pemagangan, hingga workshop.

"Dan masyarakat pun bisa melihat pelatihan-pelatihan apa saja yang ada di Pemda Garut, atau di lembaga latihan kerja swasta ataupun di balai latihan kerja komunitas. Iya, (ada informasi pelatihan) sesuai dengan kompetensi yang diminati kompetensinya apa oleh para pencari kerja," imbuhnya.

Ia berharap, dengan adanya FGD ini seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa memahami tentang Gentra Karya, dan juga bisa mendukung aplikasi ini dengan memberikan data dan informasi mengenai pelatihan ataupun pemagangan yang bisa diakses masyarakat.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut