Logo Network
Network

Pemkab Pastikan Kondisi Garut Pasca Gempa M 6,1 Aman

Fani Ferdiansyah
.
Minggu, 04 Desember 2022 | 16:09 WIB
Pemkab Pastikan Kondisi Garut Pasca Gempa M 6,1 Aman
Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau langsung sejumlah wilayah terdampak gempa magnitudo (M) 6,1 di wilayah Garut Selatan, Minggu (4/12/2022).Foto iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah

"Kami bersama kepala desa, camat, kapolsek, danramil, serta bu Kepala Puskesmas Talegong, meyakinkan bahwa di Kecamatan Talegong tidak ada korban jiwa, rumah rusak. Kalau retak-retak pasti ada," ujar Rudy Gunawan saat memimpin peninjauan di Garut Selatan.

Ia pun memastikan kerusakan luar biasa yang dialami di wilayah Talegong pasca gempa merupakan berita hoaks.

"Tentu saya harap semua waspada, hati-hati dengan hujan besar. Kemarin hujan besar dan terjadi gempa di Talegong ini membuat kepanikan yang luar biasa," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Garut memerintahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memonitor dampak gempa magnitudo (M) 6,4 yang terjadi Sabtu sore kemarin. Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Perintah Bupati Garut nomor KP. 11.01/4979/TAPEM, yang berisi bahwa hasil peninjauan disampaikan ke call centre Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah di nomor 085220611117.

Pada surat perintah tersebut, lokasi penugasan terbagi kedalam 3 wilayah penugasan, yakni utara, tengah, dan selatan Kabupaten Garut. BPBD Kabupaten Garut pun melakukan assesment pasca gempa di Sabtu pukul 16.49 WIB pada setiap kecamatan. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini