get app
inews
Aa Read Next : Istri Pj Bupati Garut Lihat Potensi Desa Wanajaya dan Kunjungi Talaga Bodas

Pengusaha Kuliner Nilai Menteri BUMN Erick Thohir Dukung UMKM Maju dan Berkembang

Selasa, 13 Desember 2022 | 18:52 WIB
header img
Pegiat UMKM yang juga pengusaha kuliner Cecep Suryana (kiri) mengatakan, peran BUMN memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan UMKM dalam beberapa tahun terakhir. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Penggiat UMKM yang juga pengusaha kuliner, Cecep Suryana mengatakan, peran BUMN memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan UMKM dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, BUMN telah menciptakan lapangan kerja bagi 45 juta orang, antara lain melalui program BRI sebanyak 32,7 juta orang, dan lapangan kerja melalui program PNM Mekaar bagi 13 juta orang, serta ada 160 ribu petani yang terlibat dalam program Makmur.

Selain sektor UMKM dan pembukaan lapangan kerja, lanjut Cecep, masyarakat juga telah melihat langsung dampak perubahan tata kelola BUMN yang jauh lebih sehat dan profesional.

Menurutnya, pengelolaan BUMN yang profesional akan meningkatkan peran dan pelayanan BUMN kepada publik.

Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM, Kementerian BUMN dan BUMN menyalurkan pembiayaan untuk UMKM senilai Rp386 triliun.

"Artinya, Erick Thohir sebagai Menteri BUMN serius mendukung UMKM lebih maju dan berkembang," ujar pria pemilik warung kopi dan beberapa kuliner ini. 

Tak hanya itu, menurut Cecep, BUMN mendorong para UMKM binaan BUMN untuk memasarkan produk secara daring/online dan mengoptimalkan performansi UMKM dengan memberikan pelatihan online secara gratis dan asistensi kepada 30.000 pelaku UMKM BUMN di seluruh Indonesia.

"Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, guna mendorong pelaku UMKM menjual produknya dengan memanfaatkan platform daring, Erick Tohir kongkrit bekerja memajukan UMKM," tuturnya.

Cecep menambahkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Menteri BUMN Erick Thohir mencapai 59,4% atau tertinggi kedua dari kabinet Jokowi. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut