get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Kampus 2 Ponpes Darussalam Garut Dibangun, Bakalan Tampung 3000 Santri

Jum'at, 06 Januari 2023 | 05:39 WIB
header img
Donatur Asal Kuwait saat meresmikan Pembangunan Komplek Pendidikan Kampus 2 Ponpes Darussalam, Kersamanah, Garut. Foto (Hendrik Prima)

GARUT, iNewsGarut.id – Hubungan bilateral Indonesia -Kuwait terus dilakukan, melalui Internasional Islamic Charity Organization (IICO) Kuwait, membangun kembali tempat pendidikan bagi santri/santriwati di Pondok pesantren Darussalam, yang berada di Kersamanah, Garut, Jawa Barat.

Hari ini, Kamis (5/1/2023),Para Donatur asal Kuwait meletakan batu pertama pembangunan Komplek pendidikan dan sosial yang diberi nama Syeih Nawaf Al-Ahmed Al-Jaber Al-Sabah, Kampus 2 Ponpes Darussalam yang berada di Kampung Binuang, Desa Kersamanah, Garut.

KH.Devi Muharram Sholahuddin Pimpinan Ponpes Darussalam, mengatakan, Peletakan batu pertama Kampus 2 Ponpes Darussalam, diberi nama kehormatan Mujamma Syeikh Nawaf Al Jami Assowah Ta'limil Al-khoiri, "ini adalah komplek pendidikan kampus 2 Ponpes Darussalam,"ungkapnya.

Devi menjelaskan, Peletakan batu pertama untuk 9 Komplek bangunan Tahap I ini untuk Santri Putra Darussalam yang nantinya akan ditempatkan di kampus 2 ini.

"Jadi kita akan membangun sarana yang lengkap dari mulai asrama, kelas, kemudian mesjid dan aula, ada juga perumahan Dinas Guru, serta komplek item nya juga, Insya Alloh akan bermanfaat untuk pengembangan pondok Darussalam,"ujarnya.

Diketahui Pondok Darussalam Kampus I tidak bisa menampung lagi Para Santri maupun santriwati, Menurutnya, Pihaknya kini kembali membangun Kampus II agar bisa menampung lebih Para Peserta didik yang akan menimba ilmu di Ponpes tersebut.

"Insya Alloh Darussalam akan Fokus di Pendidikan, diantaranya Pendidikan ramah anak, anti radikalisme, dan lain sebagainya, untuk islam yang moderat, Insya Alloh,"kata Devi.

Devi menyebut, Kampus 2 yang saat ini masih dalam tahap pertama pembangunan akan menampung sekitar 3000 santri, di tanah seluas 4 Hektar.

"Insya Alloh 3000 santri di Kampus 2 ini, 1000 Santri Putri, dan 2000 santri Putra, untuk luas tanah sekitar 4 Hektar,"ucapnya.

Pembangunan Kampus 2 Ponpes Darussalam ini secara bertahap, di Program kan dalam 3 tahun ini selesai sudah lengkap pembangunannya, " tahun I kita awali dengan pembangunan komplek putra, kemudian tahun ke II komplek putri, dan tahap III untuk penyempurnaan komplek ini,"pungkasnya.

Sementara Bupati Garut yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekretariat Daerah, Totong, mengapresiasi dengan adanya pembangunan Komplek pendidikan kampus 2 Ponpes Darussalam, " mewakili Pak Bupati tentunya kami apresiasi peresmian kampus 2 ini, dengan langsung dihadiri dari kedutaan Kuwait, Donatur -donatur, ini sangat luar biasa,"ucapnya.

Totong mewakili Bupati Garut mengucapkan terima kasih kepada donatur dari Kuwait yang sudah mewujudkan pembangunan Kampus 2 ini, "pengembangan seperti ini memang sesuai dengan RPJMD Pak Bupati bagaimana tentang Garut yang bertaqwa, Garut yang maju dan sejahtera, seperti inilah pembangunan komplek pendidikan dalam rangka membangun karakter dan kesolehan sosial, tentunya membantu para santri untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT dengan Pendidikan karakter seperti di Ponpes Darussalam ini,"terangnya.

Pantauan iNewsgarut.id, Para Donatur yang berasal dari Negara Kuwait dalam kesempatan peletakan batu pertama disertai dengan pembagian sembako terhadap puluhan warga sebagai bentuk kepedulian dan kebahagiaan atas Pembangunan Komplek Pendidikan Kampus 2 Ponpes Darussalam Syeih Nawaf Al-Ahmed Al-Jaber Al-Sabah.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut