get app
inews
Aa
Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Dispertan Garut Identifikasi Jumlah Kerusakan dan Kerugian Petani Akibat Banjir

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:52 WIB
header img
Penanganan Bencana Dinas Pertanian Garut Saat Meninjau Lokasi Sawah Yang Terdampak Banjir di Limbangan. Foto iNewsgarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Puluhan Hektar Sawah di Kabupaten Garut terdampak banjir. Diketahui banjir terjadi di Kecamatan Mekarmukti, Pekenjeng, dan juga di Desa Ciwangi, Kecamatan Limbangan, Garut. Yang mengakibatkan Puluhan Hektar sawah rusak diterjang banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari yang lalu.

"Saat ini kami sedang mengidentifikasi jumlah kerusakan dan kerugian yang dialami para petani. Berdasarkan data yang dihimpun, sekitar lima puluh hektar lebih bahkan nilai kerugian hampir dua miliar," jelas Kepala Bidang Subkor Penanganan Bencana Dinas Pertanian Kabupaten Garut Dudung Sumirat saat melakukan peninjauan di wilayah bencana banjir di Kampung Lebakjaya, Desa Ciwangi, Kecamatan Limbangan, Garut, Kamis (26/1/2023) Kemarin.

Dudung juga mengatakan, bahwa selain mengupayakan kerugian materil bagi para petani,pihaknya juga akan turut mendorong perbaikan infrastruktur berupa tembok penahan tanah untuk melindungi sawah milik petani.

Dia juga mengimbau kepada para petani yang memiliki lokasi sawah di dekat bantaran sungai untuk mengikuti program asuransi dari pemerintah. Yang mana, menurutnya, petani akan lebih mudah jika terjadi bencana untuk mengklaim kerugian jika terjadi lagi bencana.

"Saya menekankan kepada ketua kelompok tani agar segera mungkin memasukan data jumlah kerugian petani agar segera kami tindak lanjuti," ujar Dudung.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut