get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

11 Makanan Khas Garut Enak dan Lezat, Bikin Ketagihan Para Pecinta Kuliner

Sabtu, 04 Maret 2023 | 07:00 WIB
header img
Toko Minarsih makanan khas Garut di Jalan Raya Tarogong. Foto iNewsGaruf.id/ Dindin Ahmad S

GARUT, iNewsGarut.id – Makanan khas Kabupaten Garut memanglah sangat beragam dan sudah pasti banyak dikenal di kalangan para pecinta makanan. 

Selain dikenal dengan destinasi-destinasi wisata nya yang banyak digandrungi para wisatawan, ternyata Kabupaten Garut juga memiliki banyak makanan khas yang pastinya enak dan lezat.

11 makanan khas Garut Enak dan Lezat

1. Dodol Garut

Dodol merupakan salah satu makanan khas dari Kabupaten Garut yang sudah terkenal sampai ke luar kota. Dodol Garut ini memiliki banyak varian, dari mulai dodol wijen, dodol nanas, dodol ketan hitam, dan masih banyak lagi varian lainnya. Rasanya dominan manis sehingga cocok sekali untuk dijadikan camilan.

2. Burayot

Burayot merupakan makanan ringan khas Garut. Makanan ini memiliki tampilan warna cokelat dengan rasanya manis. Bahan-bahan untuk membuat burayot ini diantaranya tepung beras merah, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa.

Nama Burayot berasal dari bentuknya yang bundar keriput atau "ngaburayot" (kata orang Sunda), maka makanan tersebut populer disebut Burayot. Makanan ini banyak diproduksi oleh masyarakat Garut terutama di Kecamatan Leles, karena bahannya yang mudah didapat.

3. Jeruk Garut

Garut juga memiliki salah satu jenis buah-buahan yang memiliki rasa khasnya tersendiri yaitu jeruk. Jeruk dari Garut memiliki rasa asam yang khas, masa panennya pun sepanjang tahun, sehingga bisa didapatkan kapan saja. 

Jeruk Garut bisa banyak diperoleh di salah satu lokasi wisata yang ada di Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, yaitu di Agrowisata dan Kebun Edukasi Eptilu.

4. Ladu

Satu lagi makanan khas Garut yaitu Ladu. Makanan ini terbuat dari beras ketan dengan tekstur kasar dan kenyal, hampir serupa dengan dodol. Ladu pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Kecamatan Malangbong, dan hingga saat ini produksi Ladu masih banyak ditemukan di Malangbong.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut