get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

3 Hal yang Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasa, Seorang Muslim Wajib Tahu

Senin, 10 April 2023 | 16:51 WIB
header img
3 Hal yang Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasa, Seorang Muslim Wajib Tahu. Foto iNewsGarut.id/Dindin Ahmad S.

Orang yang berpuasa hendaknya menjaga tingkah laku dari berbagai hal yang dapat mendatangkan dosa. Salah satunya yaitu menjaga lisan dari perkataan kotor, kasar, atau yang dapat melukai hati seseorang. Meski tak sampai membatalkan ibadah puasa, namun ketika lisan kita tidak dijaga selama berpuasa, hal tersebut bisa mengurangi nilai pahala ibadah puasa.

Ketiga, mengeluh lapar dan haus

Menahan rasa haus dan lapar merupakan salah satu ujian seorang muslim ketika menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut sebagai bentuk pelajaran bagi seorang muslim agar tidak mengeluh terhadap kondisi apapun termasuk menahan haus dan lapar.

Walau dibilang sepele, ternyata mengeluh akan rasa haus dan lapar dapat juga mengurangi pahala ibadah puasa. Untuk itu, selama menjalankan ibadah puasa hendaknya mengurangi mengeluh, termasuk keluhan karena beratnya menahan rasa haus dan lapar ketika berpuasa.

Itulah 3 hal yang bisa dibilang sepele tetapi dapat mengurangi pahala ibadah puasa. Semoga kalian sebagai seorang muslim terhindar dari hal-hal tersebut dan tetap menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut