get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

7 Alumni Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut yang Dikenal Masyarakat Luas

Selasa, 18 April 2023 | 21:11 WIB
header img
Pondok Pesantren Darul Arqam Kabupaten Garut.Foto (Istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Viralnya video satu angkatan santri Pondok Pesantren Darul Arqam Kabupaten Garut melakukan study tour dengan melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Makkah mengundang perhatian dan menuai beragam kekaguman. 

Didirikan pada tahun 1976, salah satu pondok pesantren terbesar di bawah naungan Muhammadiyah ini mencetak alumni-alumni yang banyak dikenal masyarakat. 

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Pesantren Darul Arqam, Giri Fajar Wibawa menyebut selain penceramah beberapa alumni memiliki posisi di pemerintahan. 

Giri Fajar Wibawa pun merupakan alumni angkatan ke-11. Ia juga dipercaya sebagai ketua panitia keberangkatan umroh 155 santri lulusan tahun ini. 

Pesantren Darul Arqam sendiri berhasil mencetak banyak kader santri terbaik. Dari sekian banyak santri ini, MNC Portal Indonesia merangkum 7 alumni Pesantren Darul Alqam yang dikenal publik. 

Siapa saja alumni Pesantren Darul Arqam yang dikenal masyarakat, berikut ulasan 7 alumni lembaga pendidikan Agama Islam.

1. Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat atau UAH dikenal sebagai seorang dai, ustadz, hafiz serta ulama Qur'an dan Hadist. Beliau merupakan angkatan ke 20 yang mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Darul Arqam. 

Kala mondok penceramah kelahiran Banten, 11 September 1984 tersebut meraih banyak prestasi dalam berbagai bidang. Selain kerap mendapat ranking 1 di pelajaran umum maupun pesantren, Ustadz Adi Hidayat sering menyabet gelar juara di ajang aneka lomba. Mulai dari debat, cerdas cermat hingga kompetisi olahraga. 

2. Hilman Latief

Hilman Latief kini menjabat sebagai Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama Republik Indonesia. Hilman Latief merupakan alumni angkatan ke-11 Pesantren Darul Arqam. 

Giri Fajar Wibawa, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Pesantren Darul Arqam, mengatakan jika ia dan Hilman Latief merupakan satu angkatan. "Saat mondok dulu, Hilman Latief dikenal humble oleh santri lain. Ia juga juara karate se Kabupaten Garut," ujar Giri Fajar Wibawa. 

3. Raja Juli Antoni

Raja Juli Antoni adalah alumni angkatan ke-12 Pondok Pesantren Darul Arqam. Raja Juli Antoni meraih gelar sarjana Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir dari IAIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) pada tahun 2001, dengan menghasilkan skripsi berjudul Ayat-ayat Jihad: Studi Kritis terhadap Penafsiran Jihad sebagai Perang Suci.

Aktif menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni didaulat menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). 

4. Bambang Trenggono

Ketua Umum Jabar Quick Response Bambang Trenggono merupakan alumni Pesantren Darul Arqam angkatan ke-15. Namanya sering didengar saat putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), mengalami musibah di Swiss pertengahan 2022 lalu. 

Saat itu, Bambang Trenggono menjelaskan JQR telah berkonsultasi dengan para ahli, melakukan analisa peta, rencana operasi SAR dan berkoordinasi dengan pegiat SAR di Eropa, dalam persiapan merespons musibah yang dialami Emmeril Kahn Mumtaz. 

5. Fahd Pahdepie

Fahd Pahdepie merupakan alumni Pesantren Darul Arqam angkatan ke-22. Usai menyelesaikan sekolahnya di Garut, Fahd Pahdepie tercatat menempuh pendidikan ke Monash University, Australia, dengan mengambil Jurusan Hubungan Internasional.

Sebelum berkuliah ke Australia, ia sempat mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada jurusan yang sama, yaitu Ilmu Hubungan Internasional.  Peraih penghargaan Outstanding Young Alumnus, pada ajang Australia Alumni Awards pada tahun 2017 lalu itu saat ini menjabat sebagai komisaris PT Telkom Akses, anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

6. Ustadz Hilman Fauzi

Ustadz Hilman Fauzi dikenal sebagai dai muda, atau Dai Milenial. Pendakwah yang mampu menyampaikan ceramahnya secara santun, ringan dan segar itu merupakan alumni angkatan ke-24 Pesantren Darul Arqam. 

Ustadz Hilman Fauzi diketahui lahir di Desa Tegalpanjang, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut pada 4 Juli 1990 silam. Saat masih menempuh pendidikan di pondok, Ustadz Hilman Fauzi mendapat penghargaan sebagai santri teladan. 

7. Irfan Amalee

Alumni Pesantren Darul Arqam ketujuh adalah Irfan Amalee. Ia merupakan alumni angkatan ke-13 yang peduli pada pendidikan. 

Irfan Amalee mendirikan organisasi yang memberikan pendidikan untuk urusan perdamaian, yakni Peace Generation Indonesia atau Peacegen. 

Lahir pada 28 Februari 1977 di Bandung, Irfan Amalee disiapkan oleh keluarganya untuk menjadi agamawan. Pada tahun 1996, ia disekolahkan di Pondok Pesantren Darul Arqam.

Demikian 7 alumni Pondok Pesantren Darul Arqam yang dikenal masyarakat luas. Bagaimana, Anda pernah mendengar nama-nama alumni yang telah disebut di atas? 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut