get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

1,9 Juta Kendaraan Lintasi Garut Selama Lebaran 2023

Sabtu, 06 Mei 2023 | 21:26 WIB
header img
Kasat Lantas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat.Foto iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah

GARUT, iNewsGarut.id – Jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Kabupaten Garut selama arus mudik dan balik lebaran 2023 mencapai lebih dari 1,9 juta unit. Jumlah tersebut lebih tinggi dari arus mudik dan balik di tahun 2022 dengan jumlah sebanyak 1,6 juta unit. 

"(Kendaraan yang melintas di Garut) kenaikannya sekitar 20 sampai 30 persen, walaupun sudah ada Cisumdawu," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Syarif Undang Hidayat, pada iNewsGarut.id, Sabtu (6/5/2023). 

Peningkatan volume kendaraan, lanjutnya, dapat terlihat pada puncak arus mudik di tanggal 19 dan 20 April 2023. Saat itu, jumlah kendaraan yang melintasi Garut melalui Jalur Limbangan-Malangbong tercatat kurang lebih sebanyak 5.400 unit per jam. 

Sementara di Jalur Kadungora-Cilawu, kendaraan yang melintas dalam waktu satu jam di kisaran 3.000-4.000 unit. Padahal di hari biasa, jumlah kendaraan yang melintas pada kedua jalur tersebut tidak mencapai lebih dari 300 unit per jam. 

"Kurang dari 250 unit kendaraan per jam di hari biasa. Jadi peningkatan volumenya sangat luar biasa," ujarnya. 

AKP Undang Syarif Hidayat mengapresiasi sejumlah tindakan personel di lapangan yang mampu memecahkan perihal kepadatan arus mudik dan balik. Dalam operasi pengamanan itu, jajaran kepolisian dari Polres Garut juga melakukan koordinasi lintas wilayah dengan aparat kepolisian dari Tasikmalaya, Sumedang dan Bandung.

"Kami selalu melakukan koordinasi antar wilayah dengan Polres tetangga, terlebih ketika harus melakukan sistem one way (buka tutup jalan) untuk mengatasi trouble spot di beberapa titik seperti Pasar Limbangan, Pasar Bandrek, Pasar Lewo, dan Pasar Malangbong," ucapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut