get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Kisah Mistis Talaga Bodas, Salah Satu Destinasi Wisata di Garut yang Miliki Cerita Rakyat dan Mitos

Senin, 22 Mei 2023 | 19:41 WIB
header img
Kisah Mistis Talaga Bodas, Salah Satu Destinasi Wisata di Garut yang Miliki Cerita Rakyat dan Mitos. (Foto iNews.id)

GARUT, iNewsGarut.id – Kisah mistis Talaga Bodas, salah satu objek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, ini ternyata menyimpan cerita rakyat atau mitos yang berkembang disekitarnya.

Destinasi wisata yang terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, ini merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Galunggung. Pesona alamnya pun indah dan sekarang ini sudah tersedia berbagai fasilitas di sana.

Lalu, apa saja Kisah Mistis Talaga Bodas?

Berikut beberapa cerita rakyat atau mitos tentang Talaga Bodas di Garut.

Pertama, Mitos Terbentuknya Talaga Bodas

Talaga Bodas, menurut cerita di wilayah setempat adalah sebuah danau yang dihasilkan oleh peristiwa alam yang dahsyat. Suatu ketika, kawasan Priangan dilanda gempa besar yang menyebabkan gunung berapi meletus dan memuntahkan lava mendidih ke mana-mana. Air sungai di sekitarnya pun menjadi sangat panas sehingga ikan dan makhluk hidup lainnya mati.

Di antara banjir lava itu, muncul seorang lelaki tua yang memimpin suku manusia yang berhasil bertahan hidup. Lelaki tua itu kemudian memohon kepada dewa untuk melindungi rakyatnya dari malapetaka. Dewa menjawab doa tersebut dengan menurunkan hujan lebat, sehingga memadamkan lava dan membentuk sebuah danau yang dinamakan Talaga Bodas.

Kedua, Kisah Hantu di Talaga Bodas

Talaga Bodas juga dikenal sebagai lokasi angker karena banyaknya cerita tentang hantu yang berkeliaran di danau. Salah satu legenda paling terkenal adalah tentang seorang wanita cantik yang dibunuh larut malam di dekat Talaga Bodas. Konon katanya, hantu itu sering datang dan memburu orang-orang yang bermalam di sekitar danau.

Selain itu, ada cerita tentang seorang pria yang hilang di dekat Talaga Bodas. Menurut cerita, pria itu sering muncul di malam hari dengan wajah pucat dan ucapan serak. Penduduk setempat percaya bahwa dia adalah hantu yang memburu si pembunuh.

Ketiga, Cerita tentang Jaka Tarub

Selain mitos dan cerita horor, Talaga Bodas merupakan lokasi legenda cerita rakyat Jawa yang terkenal, yaitu cerita Jaka Tarub. Jaka Tarub sendiri adalah pemuda tampan dari desa dekat Talaga Bodas. 

Pada suatu hari, ketika Jaka Tarub sedang mencari kayu bakar, dia melihat sekelompok peri yang sedang mandi di danau. Seketika dia jatuh cinta pada peri cantik bernama Nawang Wulan di antara para peri itu.

Jaka Tarub mencuri kain keperawanan milik Nawang Wulan tanpa ragu, mencegah agar peri itu tidak kembali ke dunianya. Setelah itu, Jaka Tarub dan Nawang Wulan menikah dan menjalani hidup yang bahagia.

Di kemudian hari, ketika Jaka Tarub kembali mencari kayu bakar, ia lupa membawa selendang keperawanan milik istrinya. Dengan kebetulan, Nawang Wulan menemukan selendang miliknya dan menyadari bahwa suaminya yang telah mencuri selendang miliknya. Seketika Nawang Wulan sangat marah dan tersinggung, sehingga dia memutuskan kembali ke dunianya dan meninggalkan Jaka Tarub sendirian.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut