get app
inews
Aa Read Next : Enjang Tedi Berharap Ranperda Penyelenggaraan Pertanian Organik Beri Perlindungan Kepada Petani

Varietas Jagung R7 Siap Hijauan Pertanian Garut Selatan

Senin, 12 Juni 2023 | 17:27 WIB
header img
Tanaman jagung varian R7 di lahan kelompok tani mentari pagi darussyifa, Kampung Legok, Desa Mulyajaya, Kecamatan Banjarwangi. Foto :iNewsGarut.id/Indra Sanjaya

GARUT, iNewsGarut.id – Perusahaan Terpusat (PT) Restu Agropro Jaya Mas (RAJA) siap menghijaukan kawasan pertanian Garut Selatan, Jawa Barat, dengan bibit jagung hibrida R7.

Program Lumbung Pangan Baznas RI dengan penanaman bibit R7 jenis Gold di Desa Mulyajaya, Kecamatan Banjarwangi, sukses tingkatkan hasil produksi.

Manajer Area Jawa Barat (Jabar) PT. RAJA, Heldiana, mengatakan, bibit jagung hibrida R7 atau jagung Raja memiliki banyak keunggulan dan hasil produksi tinggi. Rencana selanjutnya kami bersama Baznas akan mengembangkan lahan baru di Kecamatan Peundeuy, Singajaya hingga Peundeuy hingga Toblong," ujarnya, Senin (12/6/2023).

Menurutnya, kesukses tanam varietas R7 di desa Mulyajaya yang memiliki karakteristik bukit dan gunung, mampu menghidupkan asa petani lokal untuk memulai tanam jagung.

"Wilayah Garut selatan sangat cocok jika ditanami varietas kami dengan berbagai jenis sesuai karekteristik tanah," papar dia. Wilayah Garut selatan yang didominasi prgunungan serta bentangan pantai yang cukup panjang, memiliki potensi besar menjadi area lahan tanam jagung.

"Kami memiliki tiga jenis varietas R7 yang cocok ditanam di seluruh tanah wilayah Garut," kata dia. Pertama R7 jenis Red dengan potensi panen hingga 7 ton yang cocok di area kering.

Kedua, jenis Gold dengan potensi panen hingga 12,5 ton yang cocok ditanam di area kering dan basah. Ketiga, jenis Ultimate dengan potensi panen hingga 15,5 ton.

"Kami juga sedang menyiapkan peluncuran jenis baru union yang ditanam dengan jarak tanam lebih rapat. "Potensi panennya bisa lebih 15 ton per hektar," papar dia.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut