get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Kesenian Tradisional Binaan DKKG Garut Turut Mengisi Harlah Lesbumi ke 63

Jum'at, 23 Juni 2023 | 12:13 WIB
header img
Kesenian tradisional Garut Karinding Kecapi Suling di Harlah Lesbumi NU ke-63. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya

GARUT, iNewsGarut.id – Kesenian tradisional Garut Karinding Kecapi Suling binaan Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) turut memeriahkan perayaan Hari Lahir (Harlah), Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-63.

Perayaan Harlah Lesbumi ke-63 mengusung tema "Mencari Pancer Kebudayaan di Tengah Percaturan Ideologi" dengan menghadirkan langsung Ketua Umum (Ketum) PBNU KH. Yahya Cholil Staqup, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid,  Budayawan Taufik Rahsen, Christin Hakim Artis dan Seniman Inaya Wahid. Kamis (23/6/2023) malam.

Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) Irwan Hendarsyah, mengatakan sebuah kebanggan kesenian buhun warisan Garut dapat tampil mengisi acara Harlah Lesbumi ke-63 tingkat nasional di Pusat Perfileman H. Usmar Ismail (PPHUI) di Jakarta Pusat.

"Suatu kehormatan dan prestasi bagi Garut, karena turut hadir mengisi acara mewakili Kabupaten Garut di tingkat nasional," katanya Jumat (23/6/2023).

Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Garut, agar memberi ruang kesempatan kepada pelaku seni dan budaya yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan ekonomi sesuai dengan kapasitasnya (berkarya, berexpresi) melalui seni dan budaya.

"Kesenian tradisional ini perlu adanyan regenerasi agar tidak punah. Maka dari itu perlu dukungan pemerintah.

Dengan tampilnya kesenian Garut di acara malam tadi, ini satu bukti bahwa DKKG sudah di akui di tingkat nasional," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut