get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Keutamaan Bulan Muharram dan Amalannya, Terdapat Satu Hari yang Sangat Mulia

Sabtu, 15 Juli 2023 | 07:12 WIB
header img
Keutamaan bulan Muharram dan amalannya, terdapat satu hari yang sangat mulia. (Foto: Freefik)

GARUT, iNewsGarut.id – Keutamaan bulan Muharram dan amalannya yang mesti diketahui oleh seorang muslim. Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah (Islam) yang memiliki banyak keutamaan.

Lantas, kenapa bulan Muharram itu istimewa? Dalam Al-Qur'an Surah At-Taubah Ayat 36, Allah SWT mengabarkan 4 bulan mulia (bulan-bulan haram) yang wajib dimuliakan yakni bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Keempat bulan tersebut umat Islam dilarang menganiaya diri sendiri, justru sebaliknya diperintahkan agar memperbanyak amal saleh.

Selain itu, dalam surat lain (Surah Al-Fajar ayat 1-3), Allah SWT berfirman :

 

وَٱلْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (2) وَٱلشَّفْعِ وَٱلْوَتْرِ (3)

 

 Latin : 'Wal-Fajri (1) wa laya lin 'Asyrin (2) wassyaf'i wal-watri (3)

Artinya : "Demi waktu Fajar, demi malam yang sepuluh, demi yang genap dan yang ganjil,"

Para mufassir (ahli dalam bidang Tafsir) menjelaskan ayat kedua dalam Surah Al-Fajar yang berarti "Demi malam yang sepuluh" itu merupakan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, dan 10 hari pertama bulan Muharram.

Sementara itu, para sahabat dan salafunassaleh (ulama saleh terdahulu) menjadikan bulan Muharram sebagai bulan memperbanyak amal saleh. Di bulan ini mereka menghidupkan puasa sunnah, berzikir, serta memperbanyak amal kebaikan.

Di dalam bulan Muharram juga terdapat satu hari yang sangat mulia yakni Hari Asyura (10 Muharram). Hari Asyura menjadi istimewa karena Allah SWT memberi banyak kemuliaan kepada para Nabi dan Rasul-Nya pada hari tersebut.

Bulan Muharram merupakan bulan penuh berkah terutama pada 10 hari pertama bulan tersebut. Berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram.

Amalan yang Dianjurkan di Bulan Muharram 

1. Memperbanyak Puasa Sunnah

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam." (HR Muslim 1162)

2.Puasa Tasu'a dan Asyura (9-10 Muharram)

Dari Humaid bin Abdir Rahman, ia mendengar Muawiyah bin Abi Sufyan berkata: "Wahai penduduk Madinah, dimana ulama kalian? Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Ini Hari Asyura, dan Allah tidak mewajibkan puasa kepada kalian di hari itu, sedangkan saya shaum, maka siapa yang mau shaum hendaklah ia shaum dan siapa yang mau berbuka hendaklah ia berbuka." (HR Al-Bukhari 2003)

Rasulullah SAW bersabda: "Puasalah kalian pada hari 'Asyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Puasalah kalian sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya." (HR Ath-Thahawi dan Al-Baihaqi serta Ibnu Khuzaimah 2095)

Rasulullah SAW bersabda: "Dan puasa di hari 'Asyura saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu." (HR Muslim)

3. Meluaskan Belanja kepada Keluarga

Dari hadis Abi Said Al-Khudhri bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang meluaskan belanja kepada keluarganya pada Hari Asyura, maka Allah akan meluaskan atasnya belanja selama setahun."

Sebagian ahli hadits melemahkan hadits ini, namun sebagian lainnya mengatakan hadits ini shahih, lalu sebagian lainnya mengatakan Hasan. Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Al-Ikhtiyarat termasuk menganjurkan amalan ini pada hari Asyura.

4. Memperbanyak Sedekah

Selain menghidupkan puasa, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak sedekah di bulan Muharram. Sedekah pada bulan Muharram menurut Mazhab Maliki sangat dianjurkan. Disebut dalam satu riwayat, "Siapa yang berpuasa hari Asyura, dia seperti puasa setahun. Dan siapa yang bersedekah pada hari itu, dia seperti bersedekah selama setahun."

Sebagaimana keutamaan bulan Muharram dimana Allah SWT melipatgandakan pahala setiap amal saleh, maka memperbanyak sedekah termasuk menyantuni anak yatim merupakan amalan yang disukai Allah. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api". (HR. At-Tirmidzi)

Demikian penjelasan keutamaan bulan Muharram dan amalannya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua khususnya umat muslim. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut