get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Sri Rejeki Ubah Kulit Semangka jadi Keripik Aneka Rasa

Kamis, 20 Juli 2023 | 08:47 WIB
header img
Sri Rejeki, warga Kediri, Jawa Timur, berhasil mengubah kulit semangka menjadi kudapan yang layak untuk dikonsumsi. (Istimewa)

KEDIRI, iNewsGarut.id – Seorang wanita asal Kediri, Jawa Timur, berhasil mengubah kulit semangka menjadi keripik dengan berbagai varian rasa. Ia adalah Sri Rejeki, salah satu dari sekian banyak wanita pengusaha yang merintis bisnis kuliner dari nol. 

Sri merupakan salah satu dari 14,6 juta nasabah PNM dari Sabang sampai Merauke yang tergabung dalam berbagai program klasterisasi UMKM. Ia merupakan pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner, karena bisnis kudapan paling banyak digemari pelaku UMKM. 

Penyebabnya tidak lain karena bisnis kudapan sangat mudah dan banyak variasinya. Uniknya, Sri punya cara lain untuk berdagang kudapan. 

Perjalanannya mengubah kulit semangka menjadi keripik layak konsumsi terjadi setelah ia berinovasi di beberapa tahun ini. Ia mampu membuat bagian buah yang tadinya dibuang menjadi dapat dikonsumsi dan digemari banyak orang. 

Inovasi tersebut setidaknya berawal dari rasa prihatin Sri Rejeki terhadap petani di kampungnya. Buah semangka yang kulitnya masih bagus ternyata dibuang karena dagingnya yang setengah busuk. 

Sri cukup penasaran dan mulai bereksperimen dengan kulit semangka. Sempat mengalami kegagalan, akhirnya kudapan tersebut sukses dijualnya dengan kualitas yang diinginkan.

"Akhirnya saya jual dengan kualitas yang sekarang, renyahnya sudah bisa bertahan sampai dengan empat bulan,” kata Sri Rejeki, Rabu (19/7/2023). 

Keripik Kulit Semangka menjadi perbincangan di tengah pelanggan dan di lingkungannya. Ada yang berpendapat rasanya seperti kudapan usus ayam. 

Setelah beberapa inovasi yang dicobanya, Keripik Kulit Semangka akhirnya muncul dengan berbagai varian seperti balado, jagung, manis, dan keju. “Yang paling digemari itu rasa balado dan original. Kata ibu-ibu tetangga kalau original enaknya dimakan pakai nasi kalau enggak ada lauk,” ujarnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut