get app
inews
Aa Read Next : Dapat Mobil Maskara Pemdes Cinta Garut Gelar Syukuran

Kesenian Surak Ibra Desa Wanajaya Sambut Tim Penilai Harum Madu

Sabtu, 22 Juli 2023 | 09:04 WIB
header img
Sejumlah Anak Saat Memainkan Kesenian Surak Ibra Desa Wanajaya. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Seni pertunjukan rakyat khas daerah Garut yakni Surak Ibra Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, sambut kedatangan tim 1 penilai lomba halaman terpadu (Harum Madu) tingkat kabupaten Garut tahun 2023. Penyambutan dengan kesenian tradisional itu bertempat di alun-alun Desa Setempat, Jum'at (21/7/2023).

Nampak sejumlah anak memainkan tarian khas dari kesenian Surak Ibra sambil diiringi dengan musik kendang dan Gong. Seperti layaknya pencak silat, pakaian yang digunakan berwarna serba hitam dengan ikat kepala yang mewarnai ciri khas kesenian tradisional tersebut.

Kepala Desa Wanajaya Iip Firman Nurdin mengatakan, pihaknya sengaja menampilkan kesenian tradisional Surak Ibra menyambut tim rechecking lomba Harum Madu tingkat Kabupaten. 

Dimana, menurutnya, bertepatan juga dengan Hari Anak Nasional 23 Juli, jadi sejumlah anak diundang yang tergabung dalam komunitas kesenian Surak Ibra.

"Apresiasi kepada anak-anak yang begitu semangat menyambut tim rechecking lomba Harum Madu dengan kesenian tradisional Surak Ibra, dan ini juga bertepatan dengan menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada tangga 23 Juli nanti,"ungkapnya.

Nah terkait dengan Inovasi Harum Madu Desa Wanajaya, Iip menjelaskan, berbicara dengan Harum Madu sendiri, Desa Wanajaya mempunyai Inovasi lain yakni ada agroponik, Hidroponik, juga pengolahan limbah sampah yang dijadikan pupuk dengan budidaya maggot, serta ada kelinci yang diambil urine nya dijadikan BIOS 44.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut