get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Berikut 5 Julukan Terpopuler Kota Garut Disematkan Sejak Zaman Kemerdekaan

Jum'at, 28 Juli 2023 | 15:27 WIB
header img
Alun-Alun Kota Garut. Foto iNews.id

GARUT, iNewsGarut.id – Berbicara kota Garut tentu tidak akan bosan pasalnya kota di selatan Jawa Barat ini terkenal akan wisata dan kulinernya. Selain itu kota Garut mempunyai julukan yang hingga sampai saat ini melekat sejak lama.

Julukan terpopuler itu disematkan sejak zaman masa kemerdekaan. Salah satu julukan yang terkenal yakni kota Intan dimana itu disebutkan oleh Hanafiah dalam sejarah julukan kota Garut sebagai kota intan pada 1960.

Untuk mengetahui julukan kota Garut, berikut iNewsGarut.id merangkumnya dari berbagai sumber.

Julukan Terpopuler Kota Garut

1. Kota Intan

Kota intan merupakan julukan pertama kota Garut, dimana julukan ini disematkan langsung oleh presiden pertama RI Soekarno sekitar tahun 1960 saat Dia berkunjung ke Garut.

Alasan diberikan julukan ini, kala itu presiden Soekarno berkunjung ke Garut, kala itu presiden hendak menuju Pendopo, di daerah Cimanuk melihat atap rumah yang di cat warna putih memancarkan cahaya yang mengkilap mirip dengan Intan. Maka dari itu disematkanlah julukan Garut kota Intan.

2. Kota Baso Aci

Julukan kedua Garut yakni Kota Baso Aci, julukan ini dikarenakan Garut memiliki Kuliner yang terkenal yaitu baso aci. Dibandingkan wilayah lain, baso aci khas Garut sangat berbeda dan dikenal paling enak.

Bahkan, di Garut juga terdapat festival baso aci termegah hingga menarik banyak peminat. Nah dari situlah julukan kota baso aci melekat pada kota Garut.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut