get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Vaksin Baru Cegah Penyakit Diare dan Kanker Serviks

Senin, 31 Juli 2023 | 18:23 WIB
header img
Pelaksanaan Sosialisasi Vaksin Rotavirus dan HPV. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut menggelar pertemuan dengan para Koordinator Imunisasi (Korim) dari 67 Puskesmas di Kabupaten Garut, di Aula Sabda Alam Hotel, Jalan Cipanas, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (31/07/2023). 

Pertemuan itu membahas pengenalan vaksin baru, yaitu Vaksin Rotavirus (RV) dan Vaksin Human Papillomavirus (HPV). Acara ini diikuti oleh entitas kesehatan lain secara virtual, menghadirkan Konsultan Imunisasi dari World Health Organization (WHO) Indonesia, Wildan Mochamad Ridho, sebagai narasumber.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Garut, Asep Surachman, Vaksin Rotavirus ditujukan untuk mencegah diare pada balita dan akan diberikan tiga kali pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan dengan pemberian 5 tetes setiap imunisasinya. Sedangkan Vaksin HPV ditujukan untuk mencegah kanker serviks rahim pada wanita dan diberikan dua kali pada anak perempuan usia kelas 5 dan kelas 6.

"Ini (Vaksin HPV) diberikan pada anak perempuan usia kelas 5 dan diulang lagi nanti kelas 6, (jadi) ini diberikan 2 kali usia kelas 5 diulang lagi tahun depannya pada usia kelas 6 pada siswa SD perempuan," ujar Asep.

Asep Surachman, mengungkapkan rencananya Pemerintah Kabupaten Garut akan melakukan kick-off imunisasi RV dan HPV pada tanggal 9 Agustus 2023 di semua pelayanan kesehatan, baik Puskesmas maupun klinik swasta. Setelah kick-off, imunisasi akan menjadi rutin dan dilaksanakan di semua fasilitas kesehatan, termasuk Posyandu.

"Kick off 9 Agustus semua pelayanan kesehatan baik di pemerintahan dalam hal ini Puskesmas maupun klinik swasta, bergerak untuk memberikan pelayanan vaksinasi yang nanti ini masuk ke dalam imunisasi rutin dan lanjutan," ungkapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut