get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Pantai Santolo: Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, dan Tiket Masuk

Kamis, 10 Agustus 2023 | 09:50 WIB
header img
Pantai Santolo Garut. (Foto Okezone).

GARUT, iNewsGarut.id – Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Objek wisata yang berlokasi di Desa Pameungpeuk, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, ini memiliki hamparan pasir putih dan dihiasi pepohonan di tepi pantainya, sehingga menyuguhkan pemandangan indah nan eksotis.

Jadi, tak heran jika hari libur telah tiba, Pantai Santolo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan lokal ataupun luar kota.

Masih penasaran dengan pesona alam Pantai Santolo? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Pantai Santolo

Dahulu kala, Pantai Santolo dikenal dengan sebutan Pantai Cilauteureun (tempat berhentinya air laut). Orang Eropa, terutama Belanda yang datang ke wilayah ini kesulitan menyebut nama Sunda itu. Kemudian, mereka melafalkan kata Cilauteureun dengan kata Santolo.

Di masa pemerintahan Belanda, Pantai Santolo pernah difungsikan sebagai dermaga untuk mengangkut rempat-rempah menuju kapal besar di tengah laut.

Oleh karena itu, di Pantai Santolo terdapat banyak bangunan peninggalan Belanda yang dibangun sekira tahun 1850-an.

Daya Tarik Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Air pantai berwarna biru dengan hembusan angin yang sejuk membuat betah dan nyaman ketika berada di sini.

Pantai Santolo merupakan tempat berkumpulnya para nelayan tradisional serta dermaga kapal ikan yang terdapat di Pameungpeuk.

Kawasan ini juga menyuguhkan pemandangan indah, yakni di sebelah kanan pantai terdapat pepohonan hijau yang menutupi kaki Gunung Papandayan.

Selain itu, banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Salah satunya adalah tersedia perahu sewaan bagi pengunjung yang ingin mengelilingi pantai sambil menikmati ombak laut selatan.

Bagi pengunjung yang suka memancing, Pantai Santolo merupakan spot yang cocok untuk memancing.

Pantai Santolo merupakan pantai yang menarik, berjalan kaki mengelilingi pantai sambil menikmati pemandangan sekitar menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Terlebih, pantai ini memiliki banyak biota laut.

Adapun beberapa spot foto yang indah di sini, seperti daerah dekat Pulau Santolo kecil, sepanjang bibir pantai, maupun jembatan tua Pulau Santolo. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan laut segar dengan penyajian yang sederhana.

Fasilitas Pantai Santolo

Berbagai fasilitas penunjang wisata tersedia di Pantai Santolo. Mulai dari toilet, musala, penginapan, dan juga tempat parkir kendaraan yang luas. Selain itu, berbagai tempat makan juga tersedia dengan beragam menu khas pantai yang bisa dinikmati pengunjung.

Guna mengantisipasi masalah keamanan, petugas juga melakukan patroli di tepi pantai dan tengah laut menggunakan perahu nelayan. Sehingga, keamanan di area pantai selalu terjaga.

Tiket Masuk Pantai Santolo

Untuk menikmati kawasan Pantai Santolo, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Adapun biaya tambahan parkir kendaraan motor sebesar Rp.3.000 dan mobil Rp.5.000.

Tentu harga tersebut cukup terjangkau, pengunjung bisa sepuasnya menikmati keindahan panorama pantai di Garut Selatan ini.

Untuk jam operasional Pantai Santolo dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Bahkan, pengunjung bisa mengunjungi Pantai Santolo pada malam hari atau tanpa batas waktu.

Rute Pantai Santolo

Jika anda dari pusat kota Garut, bisa langsung menuju jalur Cikajang dan melanjutkannya melalui Cikelet dan Pameungpeuk. Namun, rute ini direkomendasikan bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum seperti bus pariwisata.

Jarak tempuh Pantai Santolo dari kota Garut sekitar 90,5 km dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Perjalanan menuju Pantai Santolo bisa melalui Jalan Raya Garut-Cikajang, Jalan Raya Cisurupan-Cikajang, Jalan Cikajang, Jalan Raya Banjarwangi, Jalan Garut-Pameungpeuk, Jalan Raya Cisompet, Jalan Cilauteureun, dan Pantai Santolo.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut