get app
inews
Aa Read Next : Di Ultah Persigar ke-75, H Dudung Sudiana Siap Dukung Kemajuan Sepakbola Garut

Curug Jagapati : Harga Tiket, Lokasi, dan Fasilitas

Kamis, 31 Agustus 2023 | 18:42 WIB
header img
Curug Jagapati Garut. (Foto Instagram/@expolregarut).

GARUT, iNewsGarut.id – Mengenal Curug Jagapati yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Curug Jagapati merupakan sebuah air terjun yang terletak di kawasan pegunungan, dikelilingi deretan pepohonan hijau, dan bebatuan alam yang menarik.

Curug Jagapati terdiri dari empat tingkat yang saling sambung-menyambung sampai ke bawah. Empat tingkat air terjun ini membentuk tangga alami berbentuk zig-zag.

Uniknya, air terjun ini tidak turun dari tebing, melainkan turun di lintasan yang cukup panjang melalui celah antara kedua tebing.

Aliran air seperti diapit dari dua tebing. Sumber air curug ini berasal dari aliran Sungai Cilimbung yang berasal dari Gunung Limbung.

Air terjun ini memiliki debit air yang tidak terlalu deras dan tidak terlalu kecil, serta masih terdapat patahan air terjun kecil yang membuat semakin istimewa Curug Jagapati ini.

Di bawah Curug Jagapati terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau hanya merendam kaki. Namun kolam alami di curug ini cukup dalam. Jika tidak bisa berenang, sebaiknya jangan melompat ke area air terjun.

Lokasi Curug Jagapati cukup terpencil dan tersembunyi, sehingga untuk sampai ke area air terjun biasanya memerlukan perjalanan melalui jalan setapak dan trekking.

Namun, perjalanan yang menantang ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung agar bisa menikmati keindahan alam yang masih asri.

Selain itu, ada mitos tersebar mengenai larangan bagi yang ingin berkunjung ke Curug Jagapati, agar tidak berkunjung pada hari Selasa dan Jumat, serta tidak memakai pakaian berwarna merah.

Sebab, di hari Selasa dan Jumat, Curug Jagapati digunakan sebagai tempat berkumpulnya Putri Ilang Kencana bersama para dedemit dari bangsa jin.

Apabila larangan atau pantangan tersebut dilanggar, seringkali ada pengunjung yang kesurupan seusai mandi di Curug Jagapati, bahkan sampai hilang berhari-hari di sana.

Menurut keterangan warga sekitar, kejadian ini sering menimpa anak-anak remaja yang bandel, merusak kelestarian alam sekitar curug, dan tidak mengindahkan larangan.

Harga Tiket Curug Jagapati 

Untuk menikmati pesona alam Curug Jagapati, para pengunjung akan dikenakan tiket masuk dengan harga yang terjangkau, yakni Rp10.000 sampai Rp15.000 ribu per orang.

Biaya tiket ini digunakan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar curug agar tetap terjaga keasriannya.

Pastikan untuk memeriksa harga tiket masuk terbaru sebelum pergi ke Curug Jagapati, karena sewaktu-waktu bisa saja terdapat perubahan tarif yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kawasan wisata.

Lokasi Curug Jagapati 

Curug Jagapati terletak di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Lokasi air terjun berada di kawasan pegunungan yang sejuk, membuatnya menjadi pilihan populer bagi para wisatawan untuk mencari keindahan alam yang masih asri.

Meskipun akses ke Curug Jagapati dapat sedikit menantang, tetapi keindahannya yang memikat sebanding dengan usaha untuk mencapainya.

Pengunjung harus menempuh perjalanan melalui jalur darat dengan berjalan kaki selama 20 menit dari tempat parkir, sebelum akhirnya sampai ke lokasi Curug Jagapati.

Fasilitas Curug Jagapati

Curug Jagapati sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. 

Area parkir yang cukup luas tersedia untuk para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi.

Selain itu, terdapat juga beberapa warung makan dan tempat peristirahatan di sekitar curug untuk menjaga kebutuhan pengunjung yang haus dan lapar.

Bagi yang senang berkemah, terdapat area camp di sekitar Curug Jagapati yang bisa mendirikan 5-10 tenda.

Demikian informasi mengenai Curug Jagapati. Semoga bermanfaat dan cobalah berkunjung jika ingin merasakan keindahan alam air terjun yang masih asri.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut