get app
inews
Aa Read Next : Petani di Limbangan Garut Keluhkan Sulit Peroleh Pupuk Subsidi

Petani Pejuang Papera di Tasikmalaya Deklarasikan Dukungan Untuk Salah Satu Capres

Minggu, 10 September 2023 | 07:03 WIB
header img
Para Petani yang tergabung dalam Papera saat melaksanakan kegiatan deklarasi. Foto istimewa.

TASIKMALAYA, iNewsGarut.id – Ratusan petani dari 10 desa di Kecamatan Bojong Gambir, Tasikmalaya, Jawa Barat, yang tergabung dalam Petani Pejuang Papera, secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka untuk salah satu calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Deklarasi ini berlangsung di Kecamatan Bojong Gambir, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (9/9/2023).

Pada deklarasi yang dihadiri oleh ratusan petani tersebut, mereka dengan tegas menyatakan komitmen bahwa capres yang mereka dukung dianggap sebagai sosok yang mampu mewakili dan memperjuangkan kepentingan petani serta masyarakat pedesaan.

"Kami percaya bahwa capres yang kami dukung memiliki visi dan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pedesaan. Kami yakin bahwa beliau adalah pemimpin yang tepat untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia," kata Kheldiana Faisal Azkal selaku Ketua Kelompok Tani Kecamatan Bojong Gambir.

Dalam deklarasi itu para petani juga menyampaikan beberapa keinginan mereka, diantaranya jaminan ketersediaan pupuk subsidi yang cukup dan terjangkau, hasil panen bisa ditampung dengan baik, peningkatan infrastruktur pasca panen, dan sistem distribusi yang efisien, sehingga harga hasil pertanian di pasar bisa menguntungkan para petani.

Selanjutnya, akses modal untuk petani pun sangat dibutuhkan, mereka berharap ada upaya untuk memudahkan akses sumber keuangan yang dapat membantu meningkatkan produksi dan keberlanjutan usaha pertanian.

Selain itu, para petani ini juga meminta agar Program Kartu Tani dicabut saja. Pasalnya banyak terjadi kecurangan yang ditemukan, misalnya dalam 1 hektare lahan mendapat jatah pupuk subsidi sebanyak 1 ton, namun yang diterima oleh petani hanya 500 kilogram.

“Ini fakta yang terjadi di lapangan, ini tidak efektif, kalau nanti beliau jadi presiden sebaiknya dicabut saja kartu tani, cukup memperbanyak pupuk subsidi saja untuk petani,” tegas Kheldiana Faisal Azkal.

Pada deklarasi itu turut hadir Ketua DPP Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera), Don Muzakir dan para pengurus, Sekretaris DPD Papera Jawa Barat, Yudi Setia Kurniawan, Ketua DPC Papera Tasikmalaya, Kang Eres, tokoh masyarakat Kecamatan Bojong Gambir, serta 50 kelompok tani.

Ketua DPP Papera, Don Muzakir mengatakan, pentingnya peran petani dalam pembangunan negara. Ia juga mengapresiasi langkah para petani yang mendeklarasikan dukungan mereka untuk salah satu capres Prabowo, serta menyerahkan bantuan modal usaha tani untuk 50 orang.

Menurutnya, petani adalah garda terdepan dalam penyediaan pangan bagi seluruh masyarakat. Langkah para petani dalam mendukung salah satu capres ini adalah langkah yang luar biasa.

"Karena mereka memiliki harapan besar bahwa pemimpin masa depan akan memperhatikan dan mendukung sektor pertanian, serta kita ada keperdulian terhadap petani yaitu modal usaha tani sebanyak 50 penerima," ujar Don Muzakir.

Ia menyampaikan, bahwa Papera terus memperkuat tim pemenangan capres yang mereka dukung. Tim tersebut tergabung dalam Papera yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, termasuk pedagang, petani, nelayan, tokoh masyarakat, mahasiswa, dan santri.

Kehadiran Papera di berbagai lapisan masyarakat ini menjadi kekuatan yang signifikan dalam rangka mendukung capres yang mereka dukung.

“Saya diperintah oleh Pak Ketua Pembina Papera Sudaryono untuk merekrut semua elemen masyarakat para pedagang, petani, nelayan, tokoh masyarakat, mahasiswa, dan santri untuk bergabung dalam barisan Papera, agar kita semakin solid dalam membawa perubahan terhadap kemajuan Indonesia ini,” paparnya.

Menurut dia, dukungan yang diberikan oleh Papera untuk salah satu capres ini bukan hanya dari satu kelompok, tetapi merupakan suara bersama dari rakyat yang beragam lapisan masyarakat.

"Dukungan untuk capres Prabowo yang kita dukung bukan hanya datang dari satu kelompok atau golongan tertentu. Ini adalah suara bersama dari rakyat Indonesia yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pedagang, petani, nelayan, tokoh masyarakat, mahasiswa, dan santri,” kata dia.

Ia menegaskan, apapun yang disampaikan oleh para petani dan elemen lain melalui Papera, tentu menjadi perhatian utama pihaknya untuk mewujudkan keinginan masyarakat.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut