get app
inews
Aa Read Next : Politisi PAN Enjang Tedi Turut Ambil Formulir Penjaringan Balon Bupati Garut

Petani di Limbangan Garut Keluhkan Sulit Peroleh Pupuk Subsidi

Jum'at, 23 Februari 2024 | 20:30 WIB
header img
Salah seorang petani saat menggaruk padi di Limbangan Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Pupuk merupakan komoditi penting dalam pertanian, apalagi di musim tanam seperti ini. Fenomena kelangkaan pupuk subsidi kerap menjadi hambatan yang nyata untuk para petani, bahkan berdampak pada pengurangan jumlah maupun kualitas hasil panen itu sendiri.

Seperti hal nya yang terjadi di Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat. Para petani mengeluhkan sulitnya memperoleh pupuk subsidi.

Seperti yang disampaikan salah seorang petani di Kampung Lebakjaya, Desa Ciwangi, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yakni Mumuh (55). Pengakuan Mumuh, kesulitan mendapatkan pupuk dirasakan sejak dua bulan terakhir. 

"Bagi petani mah sulitnya pupuk subsidi sangat merugikan. Terlebih lagi, kondisi saat ini harga pupuk dan padi jadi sangat mahal, kami jadi kesusahan," ungkap Mumuh, Jum'at (23/2/2024).

Kondisi tersebut juga dirasakan oleh Ketua Kelompok Tani Buniwangi,Desa Ciwangi, Kecamatan Limbangan yakni Jamaludin (37). Menurut Jamal, hampir seluruh anggota yang tergabung di kelompok taninya mengeluhkan kelangkaan pupuk. 

Menurutnya, fenomena kelangkaan pupuk ini berdampak pada berkurangnya jumlah penghasilan panen yang sebelumnya misal memperoleh satu ton padi menjadi tujuh kwintal saja. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut