get app
inews
Aa Read Next : Garut Tuan Rumah Kejuaraan Renang West Java Swimming Series III Championship 2024

Tanamkan Nilai Pancasila Untuk Generasi Muda, DKKG Gelar Festival Kabuyutan Sunda

Minggu, 03 Desember 2023 | 19:36 WIB
header img
DKKG Gelar Festival Kebuyutan Sunda untuk Pembudayaan Pancasila Foto.Istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Pengenalan budaya daerah terhadap generasi milenial sangatlah penting dilakukan guna menumbuhkan kesadaran berbangsa, salah satunya melalui penanaman nilai pancasila melalui objek kebudayaan.

Nilai-nilai pancasila menjadi pilar penting untuk dimiliki generasi muda saat ini. Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) mengenalkan milenial tentang pentingnya kebudayaan sunda melalui Festival Kebuyutan Sunda.

Festival Kabuyutan dengan tema "Gelaran Budaya Kabuyutan Sunda untuk Pembudayaan Pancasila" ini merupakan bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Agus Ismail, hadir dan memberikan apresiasi pada acara tersebut. Menurutnya mewariskan kebudayaan merupakan kewajiban kita bersama.

"Kita memiliki kewajiban melindungi, memelihara, mengembangkan, dan memanfaatkan objek kebudayaan, terkait dengan pembudayaan Pancasila. Ini luar biasa," ujar pria yang akrab disapa Agis ini.

Agis menekankan kekayaan budaya Indonesia, khususnya Kabupaten Garut, sebagai pondasi bangsa yang besar. Ia berpendapat bahwa nilai-nilai Pancasila merupakan pilar kekuatan dan kebesaran bangsa.

"Karena inilah yang membuat kita besar sampai dengan hari ini, inilah yang membuat kita kuat sampai dengan hari ini, budaya inilah yang kemudian menjadikan kita bisa berdiri sampai dengan hari ini," ucapnya dalam acara festival yang digelar di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (02/12/2023).

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut