get app
inews
Aa Read Next : Di Ultah Persigar ke-75, H Dudung Sudiana Siap Dukung Kemajuan Sepakbola Garut

Fakta Menarik Situ Ranca Hideng Cihurip Ada Mitosnya

Minggu, 03 Desember 2023 | 20:35 WIB
header img
Situ Rancahideung di Sesa Cihurip, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya.

GARUT, iNewsGarut.id – Situ (Waduk) Ranca Hideung terletak di kampung Sukalila, Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, selain ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar kota, ternyata situ ini menyimpan mitos.

Situ Rancahideung memiliki cerita konon katanya, bahwa siapapun yang datang dan berprilaku dengan jujur maka akan jadi pejabat atau naik pangkat. 

"Akan tetapi sebaliknya, jika datang atau memiliki niat dan berprilaku tidak jujur dan memiliki niat jelek atau tidak baik maka akan mendapatkan karir yang jelek, bahkan bisa kehilanagan pekerjaan atau tidak lancar dalam berkarir," kata Yadi warga Cihurip, Minggu (3/12/2023).

Lanjut Yadi, banyak orang yang datang kesini untuk nyiar cai (Syareat air dari sini) tentunya dipandu Kuncen (Juru Kunci) atau ahli Hikmah,” ujarnya.

Selain terkenal denagan mitos atau cerita rakyatnya, Situ Ranca Hideung ini, airnya tidak pernah  kering sekalipun kemarau panjang. Air dari situ ini justru dimanfaatkan warga untuk irigasi pertanian hingga mengairi kolam.

"Ya begitu, aneh tapi nyata. Sekalipun kemarau panjang debit air memang ada sedikit penurunan tapi tjdak pernah alami kekeringan," cetusnya.

Seiring berjalanya waktu kini Situ Ranca Hideung disulap menjadi wisata alam yang exsotis dengan menyajikan fanorama alam.

"Kini wisata alam ini, digandrungi kaum milenial. Mereka banyak yang ngevlog, ngonten dan berswafoto bahkan ada yang nongkrong sembari ngopi sambil menikmati fanorama alam dan menghirup udara segar," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut