GARUT, iNewsGarut.id – Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informasi Universitas Garut telah menyelenggarakan seminar dengan tema Strategi Komunikasi Dan Pemasaran Terpadu Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Seminar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Juni 2024 pukul 09.00-12.00 WIB dan diadakan di Aula Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informasi.
Kegiatan seminar ini di buka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informasi Achmad Wildan, Kegiatan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang strategi pemasaran yang dapat diadopsi oleh pemerintah dalam upaya pembangunan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Sehubungan dengan itu pembicara dalam kegiatan tersebut, antara lain Viky Edya Martina S, (Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat) sebagai narasumber, Rosanti Utami D. (Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informasi) sebagai moderator Firmansyah, (Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informasi) sebagai Master of ceremony.
Menurut Ika Mardiah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, komunikasi yang baik adalah kunci untuk memastikan bahwa program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
"Masyarakat perlu tahu apa yang sedang dibangun atau menjadi program pembangunan dari pemerintah. Sebaliknya, pemerintah juga perlu tahu apa kebutuhan dari masyarakat,"ungkapnya.
Ia juga menambahkan bahwa berdasarkan penelitian di Januari 2024, dari survei yang dilakukan, platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah WhatsApp, diikuti oleh Instagram.
"Ini menunjukkan pentingnya menggunakan platform yang tepat dalam strategi komunikasi pemerintah untuk memastikan pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,"ujarnya.
Acara itu berlangsung sangat meriah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang memberikan pertanyaan ketika sesi tanya jawab.
Dengan demikian, pandangan peserta menyoroti pentingnya strategi komunikasi yang terencana dan efektif dalam mencapai tujuan pemasaran yang sukses di era digital saat ini.
Dengan memahami peran media sosial dan kemampuannya untuk menyampaikan pesan secara luas, organisasi dan perusahaan dapat memanfaatkannya sebagai alat yang kuat untuk membangun brand awareness dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen.
Investasi dalam pengembangan strategi komunikasi dan pemasaran terpadu di media sosial adalah langkah yang strategis dan relevan dalam menghadapi tantangan pasar yang terus berkembang.
Editor : ii Solihin