get app
inews
Aa Read Next : Nikmati Sensasi Berendam Air Panas di Kolam Renang TWA Gunung Papandayan Garut

Disparbud Bentuk Tim Kajian Tentukan Ikon Utama Garut

Jum'at, 11 Maret 2022 | 08:30 WIB
header img
Tim Kajian Ikon Garut, yang melibatkan sejumlah pakar untuk mengkaji objek yang dapat menjadi ikon utama Kabupaten Garut.

GARUT, iNews.id Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Barat yang memiliki beberapa ikon. Sehingga perlu ada kesepakatan bersama untuk menentukan ikon mana yang akan dijadikan ikon utama.

Untuk menentukan hal tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Ma'mun, pihaknya kini tengah melakukan komunikasi secara intensif, termasuk membentuk Tim Kajian Ikon Garut, yang melibatkan sejumlah pakar untuk mengkaji objek yang dapat menjadi ikon utama Kabupaten Garut.

"Bila ikon khas Garut disepakati, ini akan menjadi menjadi daya tarik utama," ujar Ma'mun, Kamis 10 Maret 2022.

Ma’mun menjelaskan, ikon ini merupakan suatu ciri yang yang sama dengan objek yang diwakilinya. Adapun dari sisi arsitektual dan seni, Ikon Garut juga merupakan sebuah bentuk yang dibangun menyerupai sesuatu dan bermanfaat untuk menyampaikan pesan atau mencerminkan karakter suatu masyarakat baik itu dari segi budaya, tatanan sosial, sejarah, atau bahkan dapat mencerminkan suatu harapan ke masa yang akan datang.

Maka, diakuinya, diskusi perlu dilakukan karena hal tersebut dapat membantu untuk menginventarisasi kandidat ikon Kabupaten Garut mana yang akan dijadikan ikon utama. 

Garut sendiri, menurut Ma'mun, memiliki beberapa ikonik yang dilatarbelakangi oleh sejarah yang sangat menarik dan menjadi suatu entitas kebudayaan. Penggunaan setiap ikon tersebut tentunya harus dibangun dengan penuh kesadaran, pemahaman, dan penghayatan yang tinggi, sehingga jika dikaji lebih dalam, ikon-ikon tersebut mengandung makna tersirat yang luar biasa dan melambangkan keadaan masyarakat Garut itu sendiri.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut