get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Walah, Sebagian Rambu dan Papan Informasi Bencana di Garut Selatan Lenyap

Kamis, 17 Maret 2022 | 10:51 WIB
header img
Satu unit angkutan kota melintasi rambu petunjuk arah jalur evakuasi di kawasan Cipanas, Garut, yang rusak akibat karat. Rambu dan papan peringatan serupa di 15 titik kawasan Garut Selatan dilaporkan hilang akibat dicabut orang.

GARUT, iNews.id Sebagian rambu-rambu dan papan informasi bencana di sejumlah lokasi rawan bencana kawasan Garut Selatan menghilang. Rambu-rambu petunjuk mitigasi atau early warning mengenai peringatan rawan bencana longsor, tsunami, hingga petunjuk arah jalur evakuasi itu lenyap karena dicopot orang tak bertanggung jawab.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satriabudi, menyebut rambu-rambu dan papan informasi yang hilang ini berada di 15 titik lokasi rawan bencana. Beberapa waktu lalu, pemerintah melalui instansi terkait melakukan pemasangan rambu-rambu tersebut di 50 titik.

“Ada beberapa tiang papan infomasi yang hilang, dicabut, dipakai apa lah. Lumayan banyak,” kata Satriabudi, kepada wartawan, Kamis (17/3/2022).

Pihaknya menilai pelaku bukanlah warga sekitar tempat rambu-rambu dan papan peringatan tersebut terpasang. “Mungkin oleh orang yang tidak mengerti (fungsi). Karena, kalau orang sekitar situ, adanya papan informasi ini sangat diuntungkan. Bisa juga dikilo sama orang yang tahu mengenai harga besi bekas,” ungkapnya.

Salah satu lokasi rambu dan papan peringatan yang hilang ini berada di wilayah Kecamatan Bungbunglang, Kabupaten Garut. “Di Bungbulang, kan ada papan peringatan awas longsor. Itu hilang dicopot,” ujarnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut