get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Pemkab Garut Seriuskan Langkah Penanganan Kasus Stunting

Sabtu, 28 Mei 2022 | 19:37 WIB
header img
Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengunjungi kegiatan posyandu di Desa Tegalgede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut.

GARUT, iNews.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut seriuskan penanganan stunting di wilayah pemerintahannya. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 04.03/2166/KESRA tentang Gerakan Bersama Pencarian Balita Stunting di Kabupaten Garut Tahun 2022, Pemkab Garut mengerahkan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kecamatan untuk memonitor langsung pencarian balita yang diduga mengalami stunting. 

Dalam SE tersebut, disebutkan semua SKPD melaksanakan monitoring "Gerakan Bersama Pencarian Balita Stunting di Kabupaten Garut",  yang dibagi dalam zona wilayah kecamatan yang dimonitoring dan tersebar di 42 kecamatan di Garut.

Sementara itu, seluruh camat diintruksikan melaksanakan langkah-langkah persiapan menggerakan lintas sektor tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan, untuk secara langsung melaksanakan kegiatan di posyandu serta melaporkan hasil kegiatan ke Sekretaris Daerah (Sekda) ke Kabupaten Garut.

Meski melibatkan seluruh SKPD dan kecamatan, kegiatan pengukuran dan penimbangan di posyandu tetap dilaksanakan secara bersama oleh kader posyandu, Tenaga Kesehatan (Nakes), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP-PKK), dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Desa, serta langsung dilaporkan secara manual serta entri ke aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM).

Kegiatan pengukuran dan penimbangan yang difokuskan di posyandu ini, dilaksanakan dengan memakai alat antropometri yang telah berstandar, dan dilakukan kalibrasi sebelum digunakan.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut