get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Banyak Tak Disadari, IT dan Medsos Ternyata Bagian Dari Budaya

Senin, 30 Mei 2022 | 05:41 WIB
header img
Para peserta dari berbagai kalangan mengikuti kegiatan Peningkatan Literasi Digital Pelaku Budaya.

GARUT, iNews.id Kebudayaan rupanya memiliki makna yang sangat luas. Selama ini, kebudayaan sering mengacu pada seni pertunjukan atau ciri khas yang dimiliki suatu daerah. 

Direktur Pembinaan Tenaga dan dan Lembaga Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Yudi Wahyudin, mengatakan jika melihat terminologi, kebudayaan itu merupakan semua produk manusia dalam bentuk apapun, baik berupa nilai, perilaku atau gaya hidup, maupun berupa artefak. Dengan demikian, kata dia, aktivitas manusia sehari-hari erat kaitannya dengan kebudayaan. 

"Ini tidak banyak disadari. Arti kebudayaan itu sangat luas, bukan hanya bicara tentang seni pertunjukan. Semua produk manusia itu juga masuk dalam unsur kebudayaan, termasuk handphone serta teknologi lainnya," ujar Yudi saat ditemui seusai kegiatan Peningkatan Literasi Digital Pelaku Budaya di ballroom Hotel Harmoni Garut, Minggu (29/5/2022).

Menurutnya IT atau medsos juga merupakan bagian dari kebudayaan karena berupa alat, bukan tujuan. Kebudayaan pun harus beradaptasi dengan potensi IT atau medsos untuk beberapa tujuan.

"Tujuan pertama, terkait dengan publikasi yang bisa dioptimalkan dan publikasi itu terkait juga dengan edukasi kepada khalayak. Edukasi terkait dengan berbagai hal, bisa juga menyangkut value, nilai, bisa juga sandang, pangan, papan, termasuk UMKM berbasis kebudayaan," paparnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut